Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Bersihkan dan Simpan Kukusan Dimsum, Persiapan Rayakan Imlek

Kompas.com - 17/01/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang sibuk mempersiapkan banyak hal untuk menyambut Imlek? Jangan lupa juga untuk membersihkan kukusan dimsum yang biasa dihidangkan sebagai wadah dimsum atau menu kukusan lainnya.

Teknik mengukus menjadi salah satu teknik masak yang biasa digunakan dalam dunia kuliner Chinese food. Jika, kamu sudah menyiapkan aneka jenis dimsum seperti siomay, lumpia kukus, hingga bakpao.

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara bersihkan dan cara simpan kukusan dimsum yang dilansir dari beberapa sumber.

Baca juga:

1. Gosok dengan air panas

Dilansir dari laman The Spruce Eats, gosok kukusan dimsum dari bambu yang menjadi tempat menempel makanan dengan air panas.

Hindari menggunakan air sabun karena bambu bisa menyerap aroma sabun cuci piring.

2. Cara bersihkan kukusan dimsum dari bau

Ditambahkan dari laman Leaf.tv, ada cara membersihkan steamer dimsum dari bau dan kotoran. Caranya dengan merebus air hingga mendidih.

Tempatkan kukusan secara terbalik di atas wajan dan kukus selama 5 menit. Gosok bagian klakat dengan cuka putih dan air.

Gosok secara kuat tetapi jangan sampai klakat rusak. Bilas dengan air bersih.

Ilustrasi dimsum. shutterstock/chuckstock Ilustrasi dimsum.

3. Keringkan dulu kukusan dimsum

Sebelum dimasukkan ke dalam lemari, ada baiknya untuk mengeringkan dulu kukusan dimsum hingga kering betul. Hal ini menghindari kukusan menjadi lembab dan berjamur.

4. Simpan dengan lapisan kertas roti

Kamu bisa menggunakan lapisan kertas roti dan bentuk bulat berluban untuk melapisi bagian dalam keranjang kukusan dimsum.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com