Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2022, 17:06 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Akhir tahun semakin dekat. Kamu bisa menyiapkan berbagai sajian untuk menutup tahun bersama teman atau keluarga. Steak daging bisa dijadikan pilihan hidangan tahun baruan di rumah.

Cara memasak steak daging terbilang simpel. Kamu tidak membutuhkan banyak bahan maupun peralatan. Namun, ada beberapa tips masak yang harus diperhatikan.

Christopher Yapvian, pemilik MeMeat Indonesia, membagikan tiga tips memasak steak daging lembut dan juicy di rumah berikut ini.

1. Pakai panci iron cast

Ilustrasi alat masak dari besi cor atau iron cast. Alat masak yang mengandung PFAS dapat memengaruhi ibu menyusui.Shutterstock Ilustrasi alat masak dari besi cor atau iron cast. Alat masak yang mengandung PFAS dapat memengaruhi ibu menyusui.

Ada dua jenis panci yang paling umum ditemukan, yakni pan iron cast dan pan stainless steel.

Menurut Christopher, keduanya dapat digunakan untuk membuat steak daging. Hanya saja, pan iron cast dapat menghasilkan crust steak daging yang lebih bagus.

Baca juga:

2. Masak hingga medium well 

Ada lima tingkat kematangan steak daging. Christopher menyarankan tingkat medium well bila ingin memasak steak di rumah,

"Jadi dapat juicy dan tender-nya. Tidak terlalu matang juga. Pada saat sudah terlihat golden brown, sudah cukup, tidak usah berpaku berapa menit memasaknya," jelas Christopher dalam Instagram Live Gedor @my.foodplace, Kamis (22/12/2022).

3. Diamkan setelah matang

Selain tidak boleh dibolak-balik terlalu sering, steak daging juga sebaiknya didiamkan sebentar setelah matang.

Proses ini akan membantu cairan dan serat daging mengeset sehingga tektur serta cita rasanya lebih nikmat.

"Kalau langsung dipotong, jusnya keluar semua. Darahnya berceceran, jadi diistirahatkan dulu bisa 5-10 menit baru dipotong," saran dia.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com