Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Timus 6 Bahan, Jajanan Tradisional untuk Teman Minum Kopi

Kompas.com - 24/12/2022, 09:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Timus merupakan jajanan tradisional yang dibuat dari ubi dan biasa dimasak dengan dua cara. Digoreng atau dikukus. 

Selain ubi, ada juga yang mengkreasikan timus dengan menggunakan singkong. Pada resep timus ubi yang satu ini bahannya hanya enam saja. 

Bahan-bahan membuat timus goreng ini bisa kamu ikuti dalam buku "101 Resep Jajan Pasar Tradisional yang Istimewa" (2020) oleh Rika Kusumawati & Winkanda Satria Putra penerbit Andi Publisher. 

Baca juga:

Resep timus 6 bahan 

Bahan 

  • 500 gram ubi jalar 
  • 60 gram tepung pati 
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • Garam dan vanili secukupnya

Cara membuat timus 6 bahan 

  1. Cuci ubi jalar, kemudian kukus hingga matang dan empuk. Kupas kulit ubi jalar yang telah dikukus, haluskan. Campurkan semua bahan, uleni hingga benar-benar merata. Bentuk adonan menjadi lonjong, goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi masih hangat. 

Buku "101 Resep Jajan Pasar Tradisional yang Istimewa" (2020) oleh Rika Kusumawati & Winkanda Satria Putra penerbit Andi Publisher bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com