Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pilih dan Masak Iga Sapi ala Chef Hotel di Jakarta

Kompas.com - 11/12/2022, 15:38 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Iga menjadi salah satu bagian sapi yang dapat diolah menjadi masakan lezat dan mewah. Sup iga dan iga bakar adalah dua di antara banyaknya olahan iga yang dapat kamu masak di rumah.

Cara masak iga sapi membutuhkan teknik tertentu agar teksturnya cepat empuk.

Executive Chef Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta Dolly Irawan membagikan cara memilih, menyimpan, dan memasak iga sapi melalui Foodplace pada program Tanya Chef.

Simak tips serba-serbi iga sapi berikut.

Baca juga:

1. Cara pilih iga sapi

Dolly mengatakan salah satu cara mengetahui kesegaran iga sapi terlihat dari warnanya. Pilih iga sapi yang warnanya masih merah segar.

Hindari memilih iga sapi yang sudah pucat atau kebiruan karena kualitas iga ini kurang baik dan tidak enak diolah menjadi masakan.

Selain itu, pilih iga sapi yang teksturnya lembut dan lembab.

2. Durasi masak iga sapi impor dan lokal

Cara paling cepat memasak iga sapi agar cepat lunak adalah menggunakan panci presto, seperti yang disarankan oleh Dolly.

Durasi masak iga sapi tergantung pada jenisnya. Iga sapi impor dapat direbus selama lebih kurang 30 menit sampai 40 menit.

Sementara, iga sapi lokal sebaiknya direbus selama kira-kira 50 menit sampai satu jam.

Baca juga:

3. Cara menyimpan iga sapi mentah

Siapkan wadah bertutup yang bersih untuk menyimpan iga sapi. Masukkan iga sapi yang hendak disimpan ke dalam wadah kemudian tutup rapat.

Selain wadah seperti kontainer makanan, kamu dapat menggunakan zip lock, plastik vakum, atau plastic wrap untuk menyimpan iga sapi.

Setelah itu, simpan wadah atau plastik berisi iga sapi di dalam freezer.

@my.foodplace FoodLovers, tahu gak sih ternyata ada cara memilih iga sapi yang benar? Biasanya, iga sapi bisa jadi keras setelah diolah. Nah, kali ini Foodplace mau kasih tau cara yang benar memilih dan melunakkan iga sapi! Yuk simak penjelasan dari Chef Dolly Irawan, Executive Chef Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta Ini adalah bagian dari program Tanya Chef dari Foodplace. Jadi, FoodLovers juga bisa ngajuin pertanyaan seputar masakan dan resep yang akan dijawab langsung oleh Chef profesional. Ajukan pertanyaanmu melalui kolom komentar maupun direct message di @my.foodplace, ditunggu ya! #TanyaChef #TanyaChefFoodplace #igasapi #FaktaMasakan #FaktaDapur #TipsMasakan #TipsDapur #FoodPlace #FoodLovers #Foodie #Food #KulinerNusantara #KulinerEnak #KulinerHits #Kulineran #infokuliner #kompascom ? Jazz Food Cooking - Playdays2021

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com