Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Pie Susu Lemon, Kulitnya Renyah dan Rasa Isiannya Unik

Kompas.com - 25/11/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain rasa cokelat atau original, kamu bisa membuat pie susu dengan cita rasa asam dari parutan kulit lemon yang menyegaran. 

Bahan untuk membuat kulit pie cukup sederhana hanya sekitar empat bahan saja. Ada pun cara untuk membuatnya agar tidak pecah adalah gunakan adonan kulit pie tidak terlalu tebal. 

Selengkapnya, simak resep pie susu lemon dari buku "Kumpulan Resep Hits di Instagram: 100 + Resep Andalan Dapur Bunda Nina" (2017) oleh Dapur Bunda Nina terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep pie susu lemon

Bahan kulit pie

  • 500 gram tepung terigu serbaguna
  • 300 gram margarin
  • 2 sdm gula pasir halus 
  • 10-12 sdm air es

Bahan filling

  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • 400 ml air
  • 8 butir kuning telur kocok lepas
  • 1 sdt vanilla
  • 1-2 lemon, parut kulitnya, jangan sampai kena kulit putihnya, peras buahnya

Cara membuat pie susu lemon

  1. Kulit pie: Campurkan tepung terigu, margarin, dan gula pasir halus. Aduk dengan pisau pastry hingga berbulir. Tambahkan air es sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung. Hentikan penambahan air hingga adonan kalis. Tambahkan air secukupnya hingga adonan kering. 
  2. Cetak di cetakan pie yang sudah diolesi tipis dengan minyak, lakukan hingga habis. 
  3. Filling: Campurkan susu kental manis dan air, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur, tepung custard, dan vanilla. Aduk hingga rata kemudian saring. Masukkan air lemon dan parutan kulitnya hingga rata. 
  4. Penyelesaian: Panaskan oven selama 150 hingga 160 derajat celsius hingga kulit pie penuh. Panggang selama 40-50 menit atau hingga filling set. Angkat dan biarkan dingin kemudian keluarkan dari cetakan. 

Buku "Kumpulan Resep Hits di Instagram: 100 + Resep Andalan Dapur Bunda Nina" (2017) oleh Dapur Bunda Nina terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com