Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grand Final Kompetisi Mengolah Daging Australia Digelar Hari Ini di Jakarta

Kompas.com - 23/11/2022, 12:36 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Grand Final National Butchery and Cooking Competition resmi digelar di Hotel Raffles Jakarta hari ini, Rabu (23/11/2022).

"Ini adalah kompetisi pertama kali yang diadakan di Indonesia dan ke depannya akan menjadi acara berkelanjutan," kata Meat & Livestock Australia (MLA) Regional Manager South East Asia Valeska saat acara jumpa pers pada Rabu (23/11/2022) di Hotel Raffles Jakarta.

Para peserta adalah pemenang yang sudah menyelesaikan babak semifinal dari empat kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Baca juga:

Peserta yang akan bertanding pada babak grand final yaitu empat tim koki muda dari sekolah kuliner dan empat tim koki profesional. Masing-masing tim terdiri dari dua orang.

Lomba memasak dan butchery ini merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh MLA bekerja sama dengan negara bagian New South Wales (NSW).

Pada kompetisi ini, semua peserta akan mengolah daging Australia untuk menu makanan pembuka dan menu utama.

Penyelenggara dan juri Grand Final National Butchery and Cooking Competition.KOMPAS.com/SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Penyelenggara dan juri Grand Final National Butchery and Cooking Competition.

Valeska mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para koki muda dan profesional untuk menunjukkan keterampilan kuliner mereka.

Tidak hanya itu, peserta juga diharapkan dapat menambah pengetahuan seputar keterampilan memotong daging Australia.

MLA juga menggandeng tiga koki profesional yang akan menilai peserta mulai dari cara memotong daging hingga makanan disajikan.

Para juri adalah Chef and Professional Food and Beverage Consultant Vindex Tengker, Chef Founder Maitre de France and President Disciples Escoffier Indonesia Gilles Marx, serta Executive Chef of APREZ Catering Stefu Santoso.

Baca juga:

Daging sapi Australia yang akan diolah oleh peserta yaitu bagian tanjung (rump).KOMPAS.com/SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Daging sapi Australia yang akan diolah oleh peserta yaitu bagian tanjung (rump).

Daging sapi Australia yang akan diolah oleh semua peserta yaitu bagian tanjung (rump). Rump ialah daging primal berotot lima tanpa tulang yang berada di antara sirloin dan bagian atas.

Setiap peserta bebas memilih potongan rump jenis apa yang akan digunakan. Di antaranya ada rump steak, rump roast, rump cap, rostbif, rump center steak, dan rump medallion.

"Daging yang digunakan itu satu rump, beratnya sekitar tiga sampai empat kilogram, nanti peserta menyesuaikan dengan menunya saja," kata Stefu saat ditemui oleh Kompas.com di Hotel Raffles Jakarta pada Rabu (23/11/2022).

Stefu menjelaskan bahwa setiap peserta harus menyiapkan dua piring makanan yang nantinya akan disajikan kepada juri.

"Ini bukan cuma lomba, tapi juga menambah pengetahuan mereka seputar daging Australia," kata Stefu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com