Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Ceker Dimsum Empuk, Cocok untuk Jualan

Kompas.com - 23/11/2022, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat ide jualan di rumah saja? Kamu bisa menjajakan olahan ceker dengan bumbu unik seperti, ceker dimsum

Kamu bisa mengikuti resep ceker dimsum dengan bumbu yang menggunakan angkak, pekak, kecap asin, dan kecap manis sebagai bumbu dasarnya. Selain membuat cita rasanya lebih enak, bahan tersebut juga membuat warnanya lebih menarik. 

Dilansir dari majalah Saji / ED 420 SEP 2018 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, menjelaskan tips memasak ceker dimsum tanpa menggunakan panci presto. 

Baca juga:

1. Cara bersihkan ceker ayam 

Dilansir dari buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2018) oleh E. Novita terbitan Penerbit Cempaka Putih, bersihkan ceker ayam dengan cara potong ujung jarinya kemudian siram dengan air mendidih dan kupas bagian kulit terluarnya.

2. Goreng dalam minyak panas

Setelah dibersihkan, goreng ceker dalam minyak panas hingga berkulit kecokelatan. 

3. Masukkan ke dalam air dingin

Kalau warna ceker sudah berubah, angkat dan masukkan ke dalam air es agar langsung mengembang. Cara masak ceker ini bisa membuatnya lebih empuk dan lembut. 

Ilustrasi cara membuat kaldu ceker ayam. SHUTTERSTOCK/WACHIWIT Ilustrasi cara membuat kaldu ceker ayam.

4. Gunakan minyak wijen 

Sebagai bahan memaksimalkan cita rasa, gunakan minyak wijen untuk menumis bumbu agar harumnya maksimal. Kamu juga bisa menambahkan minyak wijen di akhir proses memasak. 

5. Kukus ceker di tahap terakhir 

Setelah ceker dimasak dengan bumbu hingga rasanya enak, kukus agar teksturnya tetap lembut. Selain itu, nikmati ceker dalam keadaan hangat agar lebih nikmat. 

Majalah Saji / ED 420 SEP 2018 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "Kiat Memasak dan Mengolah Makanan" (2018) oleh E. Novita terbitan Penerbit Cempaka Putih bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com