Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

McDonald's Buka Gerai Ramah Lingkungan Pertama di Kelapa Gading

Kompas.com - 03/10/2022, 13:32 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - McDonald's Indonesia menghadirkan gerai dengan konsep ramah lingkungan di Boulevard Barat, Kelapa Gading sejak Sabtu (1/10/2022).

Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka mengatakan bahwa ini merupakan gerai McDonald's pertama di Indonesia yang menggunakan desain Geometris dan memanfatakan elemen ramah lingkungan.

"Hadirnya McDonald's Boulevard Barat dengan desain terbaru yang memanfaatkan elemen ramah lingkungan ini menjadi momentum penting untuk terus melanjutkan kontribusi McDonald's dalam menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik," kata Sutji di McDonald's Boulevard pada Jumat (30/9/2022).

Elemen yang dilibatkan dalam pembangunan gedung McDonald's ini berupa material mix recycled plastic pada beberapa ornamen seperti anyaman sintetis serta signage toilet dan mushola.

Tidak hanya itu, gerai McDonald's kali ini juga memasang solar panel serta memperluas daerah resapan lahan hijau sebanyak 45 persen dari luas gerai McD cabang Boulevard Barat.

Baca juga:

Tampak lahan hijau di gerai McDonald's Indonesia cabang Boulevard Barat.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Tampak lahan hijau di gerai McDonald's Indonesia cabang Boulevard Barat.

Di dalam campuran bahan dasar bangunan gerai McD Indonesia cabang Boulevard Barat juga menggunakan eco-brick, yakni material batu bata dengan pavement ramah lingkungan yang terdapat campuran sampah plastik.

Campuran bahan dasar tersebut digunakan untuk membangun area parkir motor dan sebagian pagar pembatas lahan. 

Setiap dua kilogram bahan eco-brick yang digunakan setara dengan 88.000 lembar plastik sekali pakai yang telah didaur ulang. 

Bagian lantai pada balkon, yakni ruangan terbuka di gerai McD, juga menggunakan plat yang dibuat dari 80 persen material daur ulang.

Director of Store Development Group McDonald's Indonesia Ratna Wirahadikusumah mengatakan bahwa konsep gerai ramah lingkungan ini merupakan bentuk wujud kampanye MdDonald's bernama Net Zero Emission.

Hal tersebut juga sejalan dengan kampanye United Nation (UN), yakni Rise to Zero.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com