Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengetahui 3 Penyebab Kue Lumpur Keriput Saat Dingin

Kompas.com - 16/09/2022, 09:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kue lumpur merupakan salah satu jajanan basah yang masi eksis hingga hari ini.

Ada banyak jenis kue lumpur seperti kue lumpur bakar khas Sidoarjo, kue lumpur vla hingga kue lumpur kentang.

Kalau kamu sedang ingin membuat kue lumpur kentang, labu kuning, atau bahan lainnya, kamu bisa penyebab kue lumpur keriput setelah dingin agar bisa menghindarinya.

Dilansir dari buku "Sukses Membuat Aneka Kue" (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, berikut penjelasan seputar penyebab kue lumpur keriput saat dingin.

Baca juga:

1. Terlalu banyak menggunakan cairan

Hindari menggunakan bahan cair pada saat membuat adonan kue lumpur. Semakin banyak adonan cair yang digunakan, maka adonan akan menguap saat dipanggang. Hal ini menjadi salah satu penyebab kue lumpur keriput saat dingin.

2. Kurang menggunakan zat pati

Selanjutnya adalah kurang menggunakan zat pati pada adonan kue lumpur membuatnya encer. Sering kali sebagian orang menambahkan tepung pada adonan yang encer, tetapi sebaiknya hal ini dihindari.

Sebaiknya, tambahkan kentang kukus ke dalam adonan dari pada harus menggunakan banyak takaran.

3. Terlalu banyak menggunakan telur

Proses membuat kue lumpur juga harus memerhatikan takaran bahan yang tepat. Gunakan takaran bahan terutama telur yang tepat. Pastikan takaran tepung dan telur yang digunakan memiliki ukuran yang seimbang.

Buku "Sukses Membuat Aneka Kue" (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com