Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2022, 10:10 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber Calivalley

Kompas.com - Gunting dapur yang sering digunakan bisa membuat gunting menjadi tumpul. Salah satu tanda gunting dapur tumpul adalah kamu harus menekan lebih kuat saat menggunakannya untuk memotong sesuatu.

Kebanyakan dari kita mungkin akan buru-buru membeli gunting baru ketika yang lama sudah usang. Dilansir dari Callivaley.com berikut enam cara sederhana mengasah gunting dapur.

Baca juga: 5 Cara Tepat Rawat Pisau Dapur agar Tidak Cepat Tumpul

1. Mengasah gunting dengan amplas

Dapat menggunakan amplas grit sedang, dengan grit 150 hingga 200, akan bekerja dengan baik.

Caranya dengan melipat amplas sedemikian rupa sehingga sisi kasarnya menghadap ke luar. Kemudian potong amplas, potong strip panjang, menggunakan sapuan penuh, sekitar 10 hingga 20 kali.

Kain amplas atau wol baja juga merupakan alternatif yang lebih baik untuk amplas. Sekarang ulangi prosedur dengan membalik gunting. kamu dapat mengulangi proses ini sampai mendapatkan ketajaman yang diinginkan.

2. Menggunakan alumunium foil

Lipat selembar aluminium foil beberapa kali untuk membentuk strip tebal. Semakin banyak lapisan dalam lipatan, semakin baik untuk mengasah pisau.

Sama seperti dengan amplas, potong aluminium foil menjadi potongan panjang sepanjang bilahnya. Ini akan menghilangkan gerinda dari bilah gunting.

Setelah kamu mencapai ketajaman yang diinginkan, bersihkan gunting dengan kain lembab untuk menghilangkan sisa aluminium.

Baca juga: 3 Cara Bersihkan Botol Minum Plastik Tanpa Sikat, Pakai Bahan Dapur

3. Mengasah gunting dengan batu asah

Batu asah biasanya tersedia di toko perkakas. Setiap batu mempunyai dua sisi, satu sisi kasar, dan satu sisi halus. Gunting tumpul perlu diasah terlebih dahulu pada sisi yang kasar.

Namun, jika gunting hanya membutuhkan penajaman ringan, menggunakan sisi batu yang halus sudah cukup.

Batu asah membutuhkan air, sedangkan beberapa batu sintetis membutuhkan minyak. Jika ingin hasil yang lebih tajam, kamu dapat membongkar gunting menggunakan obeng sederhana agar mempermudah proses asah. 

Selanjutnya, tempatkan satu bilah pada sudut di ujung batu dan perlahan-lahan gesek bilah melintang pada permukaan batu. Pastikan sisi mata pisau tetap rata di permukaan batu.

Ulangi proses dengan kedua bilah hingga mencapai ketajaman yang dibutuhkan. Kemudian bersihkan gunting dengan kain lembab untuk menghilangkan residu.

Baca juga: 5 Cara Bersihkan Karat dari Pisau Dapur, Pakai Kentang dan Lemon

4. Mengasah gunting dengan stoples kaca

Kamu membutuhkan stoples kaca kosong untuk ini. Lebarkan gunting sebanyak yang kamu bisa dan letakkan kedua bilah di atas lubang stoples. Sekarang pindahkan gunting seperti yang kamu lakukan saat memotong selembar kertas.

Halaman:
Sumber Calivalley
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com