Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Dessert Olahan Sagu, Pemenang Kontes Resep Sapapua untuk Indonesia 

Kompas.com - 19/08/2022, 14:08 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), melalui anak perusahaannya PT ANJ Agri Papua (ANJAP) mengumumkan hasil kontes resep "Sapapua untuk Indonesia". 

Kontes rutin yang memasuki tahun ketiga ini dibuka untuk umum lewat media sosial ini, mengajak masyarakat Indonesia untuk berkreasi dengan olahan makanan berbahan dasar tepung sagu Sapapua. 

Kontes  bertujuan mendorong inovasi hidangan yang terbuat dari tepung sagu asli Indonesia.

Baca juga:

Penjurian final dinilai dan dihadiri oleh lima orang ahli di dunia kuliner, yaitu Chef Beatrix dari Top 9 Masterchef Indonesia Musim 4, Harry Nazarudin dari Komunitas Jalan Sutra, Silvita Agmasari dari Kompas.com Food, Amanda Katili dari Omar Niode Foundation, serta Michele Alex salah satu food influencers ternama.

"Penilaian dilakukan melalui rasa, aroma, tekstur, keseluruhan, dan ide kreasi hidangan," kata Head of Commercial, Sago & Edamame ANJ, Nelda Hermawan saat acara penjurian di Bueno Nasio, Sunken Plaza, Menara BTPN, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022). 

Nelda menjelaskan ada 60 resep makanan olahan sagu yang masuk pada kontes resep Sapapua untuk Indonesia 2022.

Peserta bebas berinovasi membuat masakan selama menggunakan sagu Sapapua dan bahan dasar lokal lainnya sebagai bahan masakan.

Peserta akan mendapatkan ekstra poin jika berhasil mengkreasikan masakan yang tidak mengandung gluten, serta menggunakan bahan dasar lokal.

Hasil kurasi tim internal yang terdiri dari tim food development and kitchen, corporate communication, dan agency meloloskan 16 resep ke semifinal. 

Klepon cake pemenang kontes makanan olahan sagu Sapapua untuk Indonesia dari PT ANJ. Dok. PT ANJ Klepon cake pemenang kontes makanan olahan sagu Sapapua untuk Indonesia dari PT ANJ.

Dari 16 kontestas semifinal, disaring lagi menjadi delapan finalis yang resepnya dimasak sama persis oleh tim kitchen dan dinilai oleh para juri. 

"Kami memasak kembali resep makanan para kontestan sama persis seperti yang tertera, dengan presentasi semirip mungkin dengan yang difoto peserta," kata Nelda. 

Hal ini dilakukan, lantaran pandemi belum memungkinkan kontes resep Sapapua untuk Indonesia diselenggarakan secara langsung (offline).

Baca juga:

Adapun tiga pemenang utama yang berhasil mengkreasikan sagu menjadi olahan yang modern adalah Novi Safitri dari Jakarta sebagai Juara Pertama yang berhasil mengolah tepung sagu menjadi Cake Pisang. 

Juara kedua didapat oleh Ada Rizki dari Semarang dengan resep Klepon Cake dan Juara Ketiga adalah Citra Dewi dari Medan dengan resep Brownies Lumer. 

Brownies lumer pemenang kontes makanan olahan sagu Sapapua untuk Indonesia dari PT ANJ. Dok. PT ANJ Brownies lumer pemenang kontes makanan olahan sagu Sapapua untuk Indonesia dari PT ANJ.

Amanda Katili salah satu Dewan Juri yang hadir sangat mengapresiasi kreativitas dari para peserta yang telah berhasil membuat inovasi menu hidangan dari tepung sagu. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com