Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Tepat Rawat Pisau Dapur agar Tidak Cepat Tumpul

Kompas.com - 02/08/2022, 21:33 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber ny times

KOMPAS.com - Sebagai salah satu peralatan dapur yang digunakan hampir setiap hari, pisau perlu dirawat dengan cara yang benar supaya tetap berfungsi dengan baik.

Pisau yang dirawat dengan baik bisa dilihat dari bagian mata pisau yang bersih, tajam, serta memiliki gagang pisau yang nyaman untuk memudahkan pemotongan.

Bicara tentang perawatan pisau dapur tidak hanya seputar cara membersihkannya melainkan juga dari cara menyimpan hingga menggunakannya.

Ketahui lima tips merawat pisau dapur yang benar berikut ini.

Baca juga:

1. Simpan pisau dalam keadaan kering

Salah satu penyebab pisau dapur rusak yaitu sering disimpan dalam keadaan basah setelah dibersihkan. Hal ini dapat membuat pisau menjadi berkarat, khususnya pisau yang mengandung baja putih.

"Efek karatan ini mungkin tidak kelihatan dalam sehari atau dua hari. Tetapi lama kelamaan pisau bisa karatan," kata Duty Manager Toko Tian Liong Yusman Magosan kepada Kompas.com saat acara Food & Hospital Indonesia 2022 di Jakarta Internasional Expo pada Selasa (26/7/2022).

2. Sering gunakan pisau

Pisau yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama dapat berubah menjadi tumpul, biasanya terjadi pada pisau stainless steel.

"Supaya dia tetap tajam, otomatis harus dipakai setiap hari, jadinya ga gampang karatan," ujar Yusman.

Baca juga:

Ilustrasi memotong bahan makanan menggunakan talenan kayu.Dok. The Spruce Eats/ Getty Images Ilustrasi memotong bahan makanan menggunakan talenan kayu.

3. Bersihkan pisau dengan benar

Menambahkan dari Ny Times, sebaiknya segara bersihkan pisau setelah digunakan memotong bahan masakan. Bersihkan pisau menggunakan air hangat, sabun, dan spons.

Jika pisau tidak segera dibersihkan, maka dapat mempercepat proses penumpulan karena pengaruh zat asam dari bahan masakan yang dipotong.

Baca juga:

Halaman:
Sumber ny times
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com