Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kurangi Kolesterol dari Masakan Daging Idul Adha 

Kompas.com - 13/07/2022, 12:28 WIB
Silvita Agmasari

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Idul Adha identik dengan olahan daging kurban, umumnya sapi dan kambing. 

Daging sapi dan kambing lengkap dengan lemak dan jeroan memang sedap. Namun, bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat berpengaruh pada kesehatan, termasuk kolesterol tinggi. 

"Daging olahan seperti sosis, bacon, daging asap dan sebagainya dapat meningkatkan risiko kanker terutama kanker usus besar,” kata ahli gisi maryarakat Tan Shot Yen dikutip dari Antara, Jumat (8/7/2022). 

Sejumlah proses mengolah daging dinilai Tan Shot Yen yang tidak sehat ditambah penyajian dengan porsi gizi yang tidak imbang serta mengandung tinggi karbohidrat dan tinggi gula, juga bisa berakibat pada kegemukan. 

Baca juga:

“Daging yang dibakar atau digoreng dengan suhu tinggi dapat mengeluarkan akrilamida, polisiklik aromatik hidrokarbon yang dapat menimbulkan karsinogen (senyawa berbahaya penyebab kanker),” terangnya.

Tan Shot Yen juga mengatakan bahwa penyajian daging dengan cara diolah menjadi menu tongseng, gulai, rendang, asam padeh hingga kari masih diperbolehkan tapi tidak dikonsumsi secara berlebihan.

“Asal santan tidak dihangatkan berulang-ulang ya, dan daging steak welldone tidak gosong,” tambah dia.

Lebih lanjut Tan Shot Yen mengatakan bahwa perihal hipertensi maupun kolesterol tidak selalu karena daging merah. 

Ilustrasi rawon. SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H Ilustrasi rawon.

Ada dua faktor lain yang tidak bisa diubah yaitu genetik, usia, dan jenis kelamin. Selanjutnya ada faktor yang dapat diubah yaitu gaya hidup dan pola makan.

"Cara mengendalikan hipertensi bisa dilakukan dengan periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, kemudian atasi hipertensi dengan pengobatan yang tepat dan teratur, tetap diet dengan gizi seimbang," kata Tan Shot Yen. 

Ia juga mengimbau aktivitas fisik dengan aman dan menghindari alkohol dan zat karsinogenik lainnya. 

Baca juga:

Tips dari koki untuk minimalisir kolesterol 

Koki Budi Sutomo menyarankan memilih bagian daging dengan kadar lemak rendah seperti sirloin dan tenderloin untuk meminimalisir kolesterol. 

"Perlunya pengolahan yang baik menggunakan bahan-bahan masakan yang aman," kata Budi melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta pada Jumat.

Budi juga menyarankan penggunaan minyak zaitun, minyak bunga matahari, atau minyak jagung yang memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan minyak kelapa sawit atau mentega.

Selain itu ia juga menyarankan gizi seimbang di piring makan, melengkapi hidangan daging dengan sayuran kaserol panggang dan kukus.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kadar lemak yang berlebih dari proses pengolahan panganan.

Dia pun mengatakan untuk menghindari konsumsi daging olahan seperti sosis, nugget, daging asap dan daging olahan lainnya yang dinilai tinggi garam.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com