Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 18:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahamangsa atau dikenal juga dengan sebutan rajamangsa adalah makanan masa kerajaan Mataram Kuno yang disajikan saat acara tertentu.

Mahamangsa dihidangkan khusus untuk para raja, pemimpin wilayah, serta orang-orang yang berjasa kepada raja.

Pada acara Pop Up Museum Gastronosia di Museum Nasional pada Kamis (29/6/2022) dipaparkan bahwa keberadaan mahamangsa tercantum dalam berbagai prasasti dan relief Candi Borobudur pada abad delapan hingga sepuluh Masehi.

Salah satu acara yang biasa dihidangkan mahamangsa yaitu acara penetapan sima (wilayah khusus pemberian raja) untuk kepentingan pendirian bangunan suci.

Pada acara Pop Up Museum Gastronosia di Museum Nasional juga menjelaskan mengenai delapan sajian Mahamangsa, seperti berikut. 

Baca juga:

1. Tuak, kinca, dan legen

Minuman yang disajikan pada masa Kerajaan Mataram Kuno banyak melalui proses fermentasi, yakni seperti tuak, kinca, dan legen. 

Tuak merupakan minuman fermentasi yang dibuat dari nira kelapa, beda halnya dengan legen yang dibuat dari air nira kelapa saja.  Sementara kinca dibuat dari fermentasi sari asam jawa.

Baca juga: Apa itu Makanan Fermentasi? Teknik Mengawetkan Makanan Kuno

2. Dwadal duren

Dwadal atau dodol termasuk makanan yang sudah ada sejak zaman Mataram Kuno. Pada saat itu dodol dibuat menggunakan bahan utama durian dan gula merah. 

Saat acara penjamuan raja masa Kerajaan Mataram Kuno, dodol disajikan sebagai hidangan penutup. Rasanya digambarkan manis dan berwarna coklat, hampir mirip dengan dodol yang saat ini ditemui di pasaran.

3. Harang-harang kidang

Harang-harang kidang saat ini disebut juga dengan sajian rusa bakar. Daging rusa yang diolah bukan berbentuk utuh, melainkan daging sudah dipotong dadu serupa dengan sate.

Bedanya, daging rusa tidak menggunakan tusuk sate, melainkan disajikan biasa, serupa halnya dengan sate domba afrika dengan tambahan irisan bawang mentah di atasnya. 

Bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat harang harang kidang seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, merica, ketumbar, gula merah, lengkuas, jahe, dan garam 

Baca juga: 5 Cara Masak Daging Rusa, Tantangan MasterChef Indonesia

4. Knas kyasan

Knas kyasan disebut juga dengan kicik daging rusa, hidangan ini disebutkan memiliki cita rasa manis. Proses pembuatannya serupa dengan membuat kicik daging sapi khas Jawa. 

Bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat knas kyasan yaitu bawang putih, ketumbar, gula merah, bawang merah, merica, garam, dam daun pepaya.

Baca juga: Resep Semur Daging Khas Jepara, Kampung Halaman Kartini

5. Kwelan haryyas

Pohon pisang merupakan salah satu sumber pangan pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Tidak hanya memanfaatkan buahnya, tetapi juga bagian batangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com