Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Oleh-oleh Khas Banjarnegara Jawa Tengah, Ada Carica

Kompas.com - 30/06/2022, 20:02 WIB
Nuril Laili Azizah,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banjarnegara terkenal dengan objek wisata khas dataran tinggi seperti Kawah Sikidang, Telaga Dringo, dan Curug Pitu, yang menarik untuk dikunjungi.

Selain berkunjung ke objek wisata, tentunya wajib membeli oleh-oleh khas Banjarnegara salah satunya carica yang segar.

Saat kamu sedang dalam perjalanan dari Dieng melewati Banjarnegara, tidak ada salahnya mampir sejenak untuk membeli oleh-oleh khas kota dengan sebutan Gilar-gilar ini.

Simak daftar delapan oleh-oleh khas Banjarnegara bisa dibeli dengan harga murah mulai Rp 10.000, berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga:

1. Carica

Carica atau nama latinnya Carica Pubescens termasuk jenis pepaya yang dapat tumbuh di dataran tinggi, sehingga banyak ditemukan pada daerah dataran tinggi Dieng.

Carica memiliki ukuran lebih kecil dari pepaya dengan rasa manis dan segar, biasanya diolah menjadi manisan, keripik, atau sirup. Harga buah carica dan olahannya mulai Rp 15.000.

Carica merupakan oleh-oleh khas Banjarnegara yang dapat kamu temukan di pasar tradisional, swalayan, tempat wisata, dan pusat oleh-oleh di sekitar Banjarnegara.

2. Buah salak

Buah Salak Pondoh khas Banjarnegara menjadi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan, salak pondoh ini memiliki rasa manis dan daging tebal.

Saat musim salak kamu bisa menemukan pedagang buah salak di pinggir jalan Banjarnegara atau dapat dibeli di pasar tradisional dan toko pusat oleh-oleh.

Buah Salak Pondoh Banjarnegara mempunyai harga per kilogramnya mulai Rp 15.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Dodol salak

Selain buah salak oleh-oleh khas Banjarnegara adalah olahan salak. Salah satunya dodol salak atau jenang salak.

Jenang Salak terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan santan yang dicampur dengan buah salak, memiliki rasa manis legit. Cocok dijadikan sajian bersama kopi maupun teh.

Dodol Salak dapat kamu temukan di toko pusat oleh-oleh dengan harga sekitar Rp 15.000, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com