Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kamu termasuk penggemar es krim? Mungkin kamu tidak asing dengan es krim neapolitan yang banyak dijual dengan tiga rasa dalam satu kemasan. 

Es krim neapolitan memang bisa kamu temukan dalam kemasan dan dijual di supermarket atau minimarket. Rasanya yang terdiri dari tiga macam membuat banyak orang menyukainya. 

Baca juga:

Mengulik lebih jauh seputar es krim neapolitan yang menarik untuk disimak, sebenarnya dari mana asal neapolitan ice cream ini? 

Sejarah es krim neapolitan 

Ilustrasi es krim neapolitan, es krim tiga rasa yang populer.DOK.SHUTTERSTOCK/Brent Hofacker Ilustrasi es krim neapolitan, es krim tiga rasa yang populer.

Dilansir dari Delighted CookingEs krim neapolitan merupakan dessert dingin yang terdiri dari tiga lapis rasa. Ada rasa cokelat, rasa vanila, dan rasa stroberi.

Dalam laman tersebut menyebutkan kalau es krim ini muncul sekitar abad ke-19. Es krim neapolitan berasal dari Napoli, Italia.

Dibawa oleh imigran Italia menuju ke Amerika sekitar abad tersebut. Di Amerika, es krim ini cukup populer hingga saat ini.

Bahkan kamu juga bisa menikmatinya di Indonesia dalam kemasan yang ada di minimarket.

Baca juga:

Ilustrasi es krim neapolitan dalam scoop.DOK.SHUTTERSTOCK/WS-Studio Ilustrasi es krim neapolitan dalam scoop.

Nama dari es krim ini adalah spumoni yang terbuat dari bahan berbeda dengan neapolitan.

Saat tiba di Amerika, imigran Italia kemudian memodifikasi bahan dengan menggantinya dengan krim cokelat, vanila, dan stroberi yang cukup populer di Negeri Paman Sam.

Selain bahannya, neapolitan dicetak secara tradisional dalam cetakan persegi panjang atau persegi. Sementara spumoni dicetak dengan cetakan bulat.

Baca juga:

Selain itu, cara penyajian dari keduanya juga berbeda. Spumoni biasanya dihidangkan dengan tambahan topping seperti buah kering dan kacang-kacangan.

Namun, neapolitan biasanya dihidangkan tanpa tambahan topping apapun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com