Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2022, 16:08 WIB
Masriadi ,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

ACEH TAMIANG, KOMPAS.com – Sebanyak 46 pengusaha kecil dan menengah masih bertahan mengembangkan produk Terasi Tamiang.

 

Terasi salah satu penganan khas Kabupaten Aceh Tamiang itu kini diproduksi pengrajin tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Banda Mulia, Bendahara, dan Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

 

Pengawas Koperasi/Sub Koordinator Sarana Prasarana Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang Elyana Hastuti per telepon Senin (6/6/2022) menyebutkan terasi itu kini diproduksi skala rumahan.

 

Setiap pengusaha mempekerjakan dua hingga enam pekerja untuk memproduksi terasi.

 

Baca juga:

Dia merincikan produksi terasi bisa ditemui di Teulaga Muku 1, Kecamatan Banda Mulia, lalu di Desa Pusong Kapal dan Desa Bangka, Kecamatan Seruway, dan terakhir di Desa Kuala Penaga, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang.

 

“Kami ikut mempromosikan terasi ini dalam sejumlah pameran yang digelar, baik di Aceh Tamiang maupun di luar Aceh Tamiang," sebut Elyana.

 

Baca juga: Mengapa Terasi Lebih Enak Kalau Dibakar Sebelum Dimasak?

Sementara itu, salah seorang warga Kota Kuala Simpang, Kecamatan Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, Darussalam, menyebutkan, terasi Aceh Tamiang kini lebih modern.

 

“Dulu kemasannya hanya dalam plastik bening begitu. Sekarang sudah ada yang dimasukan dalam kotak bagus lengkap dengan merk,” terangnya.

 

Dia menyatakan, terasi Aceh Tamiang kerap dijadikan oleh-oleh bagi warga Aceh yang kini menetap di luar daerah.

 

“Saya sering kirim ke saudara,” sebutnya.

 

Namun, bagi pecinta terasi, sambung Darussalam, terasi Aceh Tamiang menjadi salah satu terasi yang lezat di Provinsi Aceh.

 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com