Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Rice Cooker sampai Nasi Matang, Ada Sensor Suhu Otomatis

Kompas.com - 05/06/2022, 16:09 WIB
Nuril Laili Azizah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber cnet.com

KOMPAS.com - Rice cooker atau penanak nasi adalah peralatan memasak yang hampir semua rumah memilikinya. Rice cooker mempermudah dan menghemat waktu proses memasak nasi.

Penanak nasi otomatis pertama kali ditemukan di Jepang pada 1950-an. Rice cooker mempunyai sensor suhu otomatis dan elemen pemanas di bagian dasar yang disebut termostat.

Panci rice cooker terbuat dari logam seperti alumunium yang berfungsi menghantarkan listrik lebih baik.

Langkah pertama memasak nasi menggunakan rice cooker adalah memasukkan air dan beras dengan perbandingan 2:1 ke dalam panci logam.

Setelah menekan tombol untuk memasak nasi, pegas termostat yang menempel pada metal menurunkan panci ke bagian bawah untuk mendapatkan panas.

Baca juga:

Dikutip dari Cnet.com,  metal pada rice cooker akan memanaskan panci logam dan mengalirkan panas ke dalam air serta beras.

Suhu cairan dalam panci tidak dapat melebihi 100 derajat celsius jika sebagian besar panci berisi air.

Sementara itu, nasi yang dimasak menyerap air ke dalam pati. Pati sebagian besar terdiri dari rangkaian penjang molekul gula yang diikat bersama, beserta beberapa bahan kimia lain.

Saat dipanaskan, rangkaian gula menangkap molekul air yang disebut ikatan hidrogen. Hidrogen dalam air mempunyai ikatan lemah dengan atom oksigen.

Hal tersebut menimbulkan proses gelatinisasi yaitu nasi terus menyerap air dan kurang terhubung satu sama lain.

Nasi mengembang sampai air habis, elemen pemanas akan melonjak, memicu termostat untuk mengalihkan proses memasak ke mode menghangatkan. Pada saat inilah, nasi sudah matang.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com