Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Menarik Peternakan Ayam McDonald's di Indonesia

Kompas.com - 19/05/2022, 15:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - McDonald's Indonesia mengajak pers melihat peternakan ayam mereka di Cianjur, Jawa Barat, melalui tur virtual pada Rabu (18/5/2022). 

"McDonald's Indonesia menyadari bahwa masyarakat Indonesia saat ini memiliki kecenderungan untuk semakin memperhatikan mutu makanan yang dikonsumsi," kata Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka pada acara tur virtual. 

"Mereka tidak hanya mencari kualitas rasa, namun juga memperhatikan keamanan dari mutu makanan," jelasnya. 

Sutji menambahkan melalui tur virtual ini McDonald's ingin meyakinkam konsumen akan apa yang disantap. 

Perlu diketahui peternakan McDonald's ini tidak dapat dikunjungi oleh umum, harus memiliki izin dan mematuhi syarat yang berlaku. 

Melalui tur virtual, Kompas.com menghimpun beberapa fakta menarik mengenai peternakan ayam yang memasok daging ayak ke McDonald's Indonesia seperti berikut. 

Baca juga:

1. Peternakan ayam McDonald's Indonesia ada di Cianjur

Peternakan ayam yang memasok daging ayam ke Indonesia milik PT. QL Trimitra. 

Total luas peternakan ayam ini mencapai 14 hektar, memiliki 20 kandang. Satu kandang ayam populasinya mencapai 35.000 ekor ayam. 

2. Peternakan ayam harus mematuhi prosedur biosecurity 

Peternakan ayam PT. QL Trimitra, pemasok daging ayam McDonald's Indonesia.Dok. McDonald's Indonesia Peternakan ayam PT. QL Trimitra, pemasok daging ayam McDonald's Indonesia.

"Biosecurity ini bagaimana cara kita mencegah penularan kontak virus ke populasi ayam yang ada di peternakan, sehingga mengurangi penularan rantai penyakit. 

Baik itu kendaraan atau individu harus disemprotkan disinfetan, juga menggunakan pakaian sesuai peraturan. Semua regulasi harus dengan standar biosecurity," kata QA Manager McDonald's Indonesia, Imam Gazali.  

Baca juga: Cara Pilih Daging Ayam Segar, Lihat dari 3 Hal Ini...

3. Pentingnya kesejahteraan ayam 

"Jika memenuhi prinsip kesejahteraan hewan, dagingnya lezat dan empuk. Kesejahteraan ayam terpenuhi juga berbanding lurus dengan keuntungan perusahaan," kata Imam. 

Kesejahteraan ayam ini mulai dari kandang ayam yang memiliki standar khusus, seperti kandang yang tertutup tetapi memiliki ventilasi udara. 

Setiap kandang ayam juga memiliki pengatur kelembaban dan suhu otomatis. 

Selain itu ayam harus memiliki ruang gerak yang cukup dan pada bagian dasarnya diberi sekam sehingga ayam tidak menginjak tanah langsung. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com