Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Tepat Bekukan Ikan Segar, Biar Awet Berbulan-bulan

Kompas.com - 14/05/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak cara menyimpan ikan segar, tetapi kamu perlu memerhatikan beberapa hal saat menyimpannya agar kesegarannya tetap terjaga. 

Salah satu menyimpan ikan segar agar awet adalah dengan cara dibekukan.

Simak cara bekukan ikan segar yang tepat dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher dan buku "Home Made Frozen Food" (2016) oleh Yuyun Alamsyah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Bersihkan ikan terlebih dahulu 

Ikan yang saja dibeli sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Hal tersebut untuk memudahkan saat mengolahnya nanti. Pastikan kotoran dalam perut dan sisiknya dibuang. 

2. Simpan ikan dalam freezer

Ikan segar hanya bisa bertahan sekitar dua hari di dalam kulkas. Oleh karena itu, simpan ikan segar dalam freezer maka ikan akan bertahan selama seminggu dan cita rasanya tidak berubah. 

Baca juga:

3. Gunakan kantong plastik 

Sebagai wadah penyimpanannya, gunakan kantong plastik agar cairan daging tidak menetes ke luar dan mencemari bahan makanan lainnya.

4. Jaga suhu stabil 

Daging ikan segar mudah busuk oleh karena itu pengolahannya harus cepat dilakukan atau harus selalu menjaga suhu agar tidak terlalu panas atau dingin. 

Kamu bisa memasukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu jika proses membekukan belum siap. 

Pertahankan suhu freezer sekitar -18 derajat celsius, jangan biarkan suhu freezer turun naik. Suhu turun naik bisa memengaruhi mutu bahan saat dicairkan. 

5. Masa simpan ikan 

Ikan dalam disimpan dalam jangka waktu cukup lama. Kalau mutu dan kebersihannya terjaga maka ikan bisa bertahan sampai delapan bulan. Sementara untuk jenis ikan seperti salmon atau tongkol bisa bertahan sampai empat bulan.

buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher bisa dibeli di Gramedia.com.

buku "Home Made Frozen Food" (2016) oleh Yuyun Alamsyah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com