Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Bikin Ayam Kremes Renyah dan Mengembang Bersarang

Kompas.com - 27/04/2022, 10:03 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ayam goreng kremes bisa kamu hidangkan untuk menu makan kapan saja. Sebagai pelengkapnya, kamu bisa menambahkan lalapan sayur dan sambal terasi. 

Ada cara membuat ayam kremes renyah tahan lama dan mengembang bersarang. Salah satu yang perlu kamu perhatikan adalah tekstur dari adonan kremesnya. 

Selengkapnya, simak cara bikin ayam goreng kremes kriuk dari buku "27 Set Menu Lengkap Hits Di Instagram Untuk Hari Istimewa & Sehari-Hari" (2022) oleh Lilik Indrayani @lilik_indrayani_81 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Ayam Kremes agar Kriuk dan Renyah Tahan Lama

1. Gunakan minyak banyak 

Cara membuat kremesan ayam renyah yang pertama adalah siapkan minyak goreng dalam jumlah banyak untuk menggoreng ayam dan kremesan. 

Siapkan juga minyak goreng yang benar-benar panas untuk membuat kremesan mengembang dan bersarang. 

Baca juga: Resep Ayam Kremes Rumahan, Bikin Tanpa Baking Powder

2. Buat dua adonan kremesan 

Dalam buku tersebut menyebutkan kalau adonan kremesan dibuat menjadi dua bagian. Satu adonan untuk mencelupkan ayam dan satu adonan untuk kremesan. 

Pastikan adonan untuk kremesan memiliki tekstur yang lebih encer. Kamu bisa menambahkan beberapa ml air. 

Adonan dua yang dibuat encer akan menghasilkan kremesan mengembang dan tekstur dari kremesan ringan. 

Baca juga: Resep Ayam Kremes Renyah Tahan Lama, Cocok untuk Buka Puasa

Ayam Kremes Bu Eva Spesial SambalKompas.com / Gabriella Wijaya Ayam Kremes Bu Eva Spesial Sambal

3. Cara membuat kremesan bersarang 

Selanjutnya, rahasia membuat kremesan bersarang ada pada cara menggoreng adonannya. Pastikan kamu menuang adonan dua menggunakan sendok sayur dengan posisi agak tinggi dari penggorengan. 

Kamu bisa menggunakan botol yang sudah dilubangi di bagian tutupnya agar lebih mudah saat menyiramkan pada minyak panas. 

Baca juga: Resep Ayam Goreng Kremes, Diungkep Jadi Makin Sedap

4. Cara menggunakan ayam kampung 

Kalau kamu menggunakan ayam kampung, kamu bisa menambahkan jumlah air ungkepan atau takaran air. Sesuaikan dengan tingkat keempukkan ayam. 

5. Hasil gorengan ayam kremes 

Menurut buku tersebut, hasil gorengan ayam di bagian dalam sela-sela daging cenderung basah dan garing tetapi crispy di bagian luar. 

Baca juga: Resep Lele Goreng Kremes, Lengkap dengan Sambalnya

6. Jangan sering balik kremesan 

Ditambahkan dari buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Berbisnis Ayam Goreng ala KFC (Ayam Kremes,Ayam Tulang Lunak, & Aneka" (2013) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada menyarankan untuk tidak terlalu sering membalik kremesan ayam. 

Pasalnya, hal tersebut bisa membuat kremesan renyah dan berpori di permukaannya. Angkat dan tiriskan menggunakan peniris kawat agar kremesan tetap utuh. 

Baca juga: Cara Membuat Bandeng Goreng Kremes yang Renyahnya Tahan Lama

7. Menggunakan baking powder

Pada beberapa resep ayam kremes sering kali menambahkan sedikit baking powder pada bumbu kremes. Hal tersebut bisa dilakukan karena baking powder bisa membuat gorengan renyah tahan lama. 

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner – Berbisnis Ayam Goreng ala KFC (Ayam Kremes,Ayam Tulang Lunak, & Aneka" (2013) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "27 Set Menu Lengkap Hits Di Instagram Untuk Hari Istimewa & Sehari-Hari" (2022) oleh Lilik Indrayani @lilik_indrayani_81 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com