Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/04/2022, 20:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknik pengasapan dilakukan supaya ikan bisa awet dan tahan lama. Meskipun begitu, kamu perlu memperhatikan cara mengemas dan menyimpan ikan asap yang benar supaya tidak merusak kualitas ikan.

Pemilik sekaligus pengelola Si Pujuk Farm Yose Rizal Anwar mengatakan bahwa sebelum ikan asap dikemas, penting untuk memastikan ikan sudah dalam keadaan dingin dan kering.

"Kalau mau memasukkan ikan asap ke dalam kemasan, kuas permukaan ikan yang diasapkan untuk membersihkan yang debu menempel," kata Yose saat dihubungi oleh Kompas.com melalui sambungan telepon pada Jumat (8/4/2022).

Cara mengemas ikan asap terbilang mudah karena tidak memerlukan cara khusus. Cukup masukkan ikan asap ke dalam plastik kemas dan tutup rapat kemasan supaya tidak ada udara yang masuk.

Baca juga:

Ilustrasi kemasan ikan asap Si Pujuk Farm.Dok. Yose Rizal Anwar Ilustrasi kemasan ikan asap Si Pujuk Farm.

Cara simpan ikan asap

Yose menyampaikan bahwa ada dua cara menyimpan ikan asap yaitu di suhu ruang dan di dalam freezer. Ikan asap yang disimpan di suhu ruang bisa tahan tiga hingga empat bulan.

"Kalau menyimpan di suhu ruang, yang paling penting itu jauhkan dari sinar matahari langsung. Apalagi ikan patin dan ikan lele ini mengandung minyak yang banyak," ujar Yose.

Apabila ikan asap yang mengandung kadar minyak terkena cahaya matahari langsung, maka ikan akan lembab sehingga dapat merusak kualitas ikan asap.

Baca juga:

Sementara untuk penyimpanan ikan asap dalam jangka waktu yang lama, Yose menyarankan untuk menyimpannya di dalam freezer.

"Kalau mau lebih lama (waktu ketahanan), bisa disimpan di dalam freezer, itu bisa lebih dari setahun," jelas Yose.

Apabila ingin mengolah ikan asap yang sudah dibekukan, lelehkan terlebih dahulu. Caranya, rendam di dalam air panas sampai ikan lunak kemudian olah sesuai selera.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com