Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Saus Salad, Tiap Salad Punya Saus yang Pas Tersendiri

Kompas.com - 29/03/2022, 09:34 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Selain cita rasa segar dari buah dan sayuran yang digunakan, saus dressing salad juga memiliki peran penting untuk menambah cita rasa.

Setiap jenis isian salad punya karakteristik saus yang berbeda.

Apabila kamu ingin membuat salad tapi masih bingung dengan dressing yang akan digunakan, berikut delapan jenis saus untuk dressing salad dari laman Healthline yang bisa dicoba.

Baca juga:

1. Saus jahe wijen

Saus jahe wijen termasuk jenis saus salad yang sederhana, biasanya digunakan untuk bumbu salad berisi aneka daging, unggas, dan sayuran panggang.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat saus jahe wijen yaitu: minyak zaitun, minyak wijen, kecap asin, sirup maple, cuka beras, bawang putih cincang, dan jahe cincang.

2. Saus vinaigrette balsamic

Jenis saus salad ini dibuat menggunakan lima bahan dasar, dan dianggap paling mudah dibuat dalam keadaan darurat. 

Rasanya manis dan gurih, sehingga disebut juga sebagai bumbu serbaguna karena bisa digunakan untuk hampir semua jenis salad.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya yakni cuka balsamic, mustard, bawang putih cincang, minyak zaitun, garam, dan merica.

3. Saus jeruk nipis alpukat

Perpaduan antara jeruk nipis dan alpukat membuat saus jenis ini terasa lembut, dingin, dan menyegarkan. Saus jeruk nipis alpukat cocok disajikan untuk campuran salad sayur segar.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuatnya yaitu: buah alpukat, yoghurt, daun ketumbar, air jeruk nipis, minyak zaitun, bawang putih cincang, garam, dan merica.

Baca juga:

Salad mentimun dan kacang.
DOK. NDTV Food Salad mentimun dan kacang.

4. Saus vinaigrette lemon

Jenis saus ini rasanya asam dan merupakan pilihan yang pas untuk mencerahkan warna salad sayur.

Bahan yang digunakan untuk membuat saus vinaigrette lemon termasuk sederhana, di antaranya ada minyak zaitun, jus lemon segar, madu atau sirup maple, garam, dan merica. 

5. Saus madu mustard

Rasanya asam dan segar, jenis saus ini cocok disajikan untuk melengkapi salad dengan isian yang gurih seperti kentang goreng, makanan pembuka, dan sayuran segar.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat saus mustard yaitu: mustard, cuka apel, madu, minyak zaitun, merica, dan garam.

6. Saus yoghurt Yunani

Saus yoghurt Yunani ialah jenis saus serbaguna dan termasuk saus salad paling populer. Rasanya lembut, enak, dan sehat untuk dikonsumsi.

Bahan yang digunakan untuk membuat saus yoghurt yaitu yoghurt Yunani, bubuk bawang putih, bubuk bawang bombai, adas kering, cabai rawit, garam, dan daun bawang segar cincang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com