Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Chinese Food Halal di Bun King, Ada Gurame Saus Mangga

Kompas.com - 09/03/2022, 18:03 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bun King merupakan restoran chinese food halal yang buka pada September 2019. Lokasi Bun King di di Jalan KH Moh. Mansyur Nomor 57, Jakarta Pusat.

Restoran yang didirikan oleh Willy Chai ini menawarkan beragam jenis chinese food.

Apabila kamu ingin datang ke lokasi, restoran ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Khusus akhir pekan, Bun King buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Restoran Bun King bisa menjadi salah satu pilihan tempat untuk mengadakan acara seperti pertemuan tim kantor, acara ulang tahun, hingga acara nikahan.

Kapasitas untuk acara dalam jumlah besar di Bun Kin bisa memuat sekitar 80 orang.

Namun, saat ini Bun King hanya bisa memuat setengah dari kapasitas biasa sebagai bentuk mendukung pencegahan penularan virus corona saat pandemi. 

Ada beragam jenis makanan khas China yang bisa dicoba di Bun King. Tim Kompas.com berkesempatan untuk mencicipi tiga menu andalan Bun King.

Baca juga:

Gurame Saus Mangga ala Bun King Resto & Coffee.KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Gurame Saus Mangga ala Bun King Resto & Coffee.

1. Gurame Saus Mangga

Pertama, saya mencicipi menu andalan sekaligus favorit pelanggan Bun King yaitu Gurame Saus Mangga.

Seporsi gurame yang disuguhkan datang dalam porsi utuh dengan siraman saus mangga dan taburan nanas, paprika, dan cabai merah besar yang dipotong dadu.

Warna-warni topping saus mangga di atas ikan gurame goreng yang mekar membuat saya tidak sabar untuk mencobanya.

Perpaduan saus mangga dengan nanas untuk siraman ikan gurame terasa asam dan segar secara bersamaan.

Rasa asam Gurame Saus Mangga di Bun King berasal dari mangga dan nanas. Cita rasa asam yang dihasilkan tidak terasa kecut, sehingga membuat saya ingin menyantapnya kembali.

Tambahan potongan paprika dan cabai merah pada saus mangga terasa mengimbangi antara rasa pedas dan rasa asam yang dihasilkan, sehingga tidak ada komponen yang mendominasi.

Setelah mencicipi rasa saus mangga, saya beralih ke potongan daging gurame yang mekar sempurna.

Ikan gurame yang disuguhkan merupakan ikan gurame utuh yang dipotong memanjang sehingga membelah dua sisi badan ikan.

Daging gurame yang disuguhkan sudah dalam keadaan dipotong dan tidak terlalu melekat pada bagian tulang, sehingga mudah untuk melepaskannya. 

Jika biasanya tekstur potongan daging ikan yang digoreng mengembang akan terasa lebih garing dan keras, lain halnya dengan gurame Bun King yang terasa lembut di lidah.

Daging gurame juga disajikan dengan lapisan tepung tipis yang membalut potongan ikan, sehingga rasa renyah dari tepung dan lembutnya daging terasa menyatu saat mampir di lidah.

Apabila kamu datang ke Bun King dan memesan seporsi Gurame Saus Mangga, sebaiknya hidangan disantap setelah makanan disuguhkan. Supaya tekstur renyah dari tepung ikan gurame masih terasa.

Kalau kamu membiarkannya terlalu lama, maka tekstur tepung gurame akan menyusut dan terasa lembut karena menyatu dengan saus mangga.

Cita rasa segar dan gurih tidak hanya terasa pada siraman kuah saus mangga dan balutan tepung, tetapi juga pada bumbu yang meresap ke dalam daging ikan. 

Seporsi ikan Gurame Saus Mangga utuh dapat dipesan dengan harga Rp 175.000.

Apabila ingin datang berkunjung, sebaiknya kamu datang bersama keluarga atau teman karena ukuran seporsi Gurame Saus Mangga lumayan besar.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com