Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2022, 16:33 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Susu kental manis adalah salah satu produk olahan susu sapi yang akrab di telinga masyarakat Indonesia.

Pasalnya banyak makanan, terutama untuk menu sarapan yang menggunakan tambahan produk susu kental manis untuk membuat sajian semakin menggugah selera.

Wajar saja susu kental manis banyak digunakan pada berbagai varian menu makanan, sebab susu kental manis aman dikonsumsi asalkan dilakukan secara proporsional.

Dilansir Kompas.com, Minggu (17/10/2021), Pakar Gizi sekaligus Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Masyarakat (PKGK) Universitas Indonesia (UI) Achmad Syafiq mengatakan, susu kental manis bisa saja dikonsumsi, asal dilakukan secara proporsional.

Baca juga: Frisian Flag Susu Kental Manis Gold di 5 Menu Sarapan Asyik

“Susu kental manis ini bisa jadi campuran berbagai minuman, seperti teh, kopi, atau susu-telur-madu-jahe (STMJ). Itu kan pakai susu kental manis enggak masalah,” jelasnya saat berbincang dengan Kompas.com, Senin (11/10/2021).

Syafiq yakin, produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu tersebut aman dikonsumsi oleh masyarakat. Bahkan kandungan dalam susu ini bisa dimanfaatkan sebagai tambahan sumber energi tubuh.

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 34 tahun 2019 tentang Kategori Pangan menyebutkan, susu kental manis harus mengandung protein tidak kurang dari 6,5 persen.

Baca juga: Susu Kental Manis untuk Topping Oatmeal, Cocok buat Sarapan

Sementara itu, pakar gizi senior dari Rumah Sakit (RS) Medistra, Cindiawati J Pudjiadi mengimbau agar penggunaan sebagian besar produk susu dan olahannya, termasuk susu kental manis dapat mengikuti saran penyajian.

"Produk olahan pangan baik yang beku maupun kemasan vakum tetap aman dikonsumsi selama konsumen cermat memilih produsen yang memastikan proses produksi higienis dan aman. Lebih baik lagi, bila ada izin BPOM atau registrasi produk industri rumah tangga (P-IRT)," jelas dr. Cindy, kepada media.

Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa produk pangan olahan termasuk produk susu berbentuk cairan kental ini aman dikonsumsi tetapi harus tetap memperhatikan label di setiap kemasan produknya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih susu kental manis

Susu kental manis bisa dijadikan berbagai kreasi sarapan anti-mainstream dan asyik yang cocok dinikmati bersama keluarga.DOK. SHUTTERSTOCK/NZOZO Susu kental manis bisa dijadikan berbagai kreasi sarapan anti-mainstream dan asyik yang cocok dinikmati bersama keluarga.

Susu kental manis dibuat melalui proses penguapan dengan cara menghilangkan sebagian besar air dari susu segar agar lebih kental dan tahan lama.

Meski sebagian besar kental manis memiliki tekstur sama, tetapi Anda harus tahu jika ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih bahan makanan satu ini.

1. Cek kondisi kemasan

Perlu diketahui, sebelum membeli susu kental manis, pastikan terlebih dahulu pada bagian kemasan tidak ada tanda kerusakan. Sebab, kemasan produk yang rusak bisa menjadi pertanda susu kental manis tidak layak untuk dikonsumsi.

2. Cek informasi pada label

Setelah memastikan produk tidak rusak, Anda juga harus melihat informasi pada label kemasan. Informasi yang wajib diperhatikan mencakup nama produk, saran penyajian, rasa, kandungan vitamin, mineral, dan kalori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com