Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Food Startup Indonesia 2022 Usung Tema Planet, People, and Profit

Kompas.com - 04/03/2022, 14:03 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar kick off Food Startup Indonesia (FSI) 2022 di JHL Solitaire Gading Serpong, Tangerang, Banten pada Rabu (2/3/2022).

Kick off FSI 2022 menjadi tanda bahwa acara start up kuliner FSI akan kembali hadir pada tahun ini dengan tema Planet, People and Profit.

“Seperti tahun sebelumnya, FSI mengkurasi pelaku ekonomi kreatif kuliner dan membuka kesempatan untuk mendapatkan pembiayaan atau permodalan dengan skema pinjaman konvensional, syariah, pembagian laba, atau pembagian saham," kata Direktur Akses Pembiayaan Hanifah Makarim dalam siaran pers tertanggal 2 Maret 2022 yang diterima Kompas.com.

Sesuai dengan temanya, FSI 2022 menargetkan bisnis kuliner yang menginspirasi dan berkembang dengan orientasi keseimbangan antara keberlanjutan, dampak sosial, dan
profitabilitas.

"Tahun ini kami ingin melihat aspek keberlanjutan dan dampak sosial yang diciptakan peserta selain faktor profitabilitas usaha," tambah Hanifah.

Acara tahunan yang berlangsung sejak 2016 ini diklaim telah memperoleh nilai investasi sebesar puluhan miliar.

Baca juga:

Acara kick off Food Start Up Indonesia (FSI) 2022. DOK. Food Start Up Indonesia (FSI) Acara kick off Food Start Up Indonesia (FSI) 2022.

“Sampai dengan tahun lalu, FSI telah membukukan nilai investasi sebesar Rp 63 miliar lebih kepada peserta start up kuliner di seluruh Indonesia. Tahun ini masih dengan tujuan yang sama, FSI akan mempertemukan pelaku ekonomi kreatif kuliner baru dengan akses permodalan atau pembiayaan," tutur Deputi Bidang Industri dan Investasi Fadjar Hutomo.

Rangkaian FSI 2022 akan dimulai dengan pendaftaran, seleksi, dan penjurian. Kemudian dilanjutkan dengan sesi mentoring dan business matching bagi para peserta terpilih.

Sementara puncak FSI 2022 atau Demoday akan diisi dengan kegiatan showcase produk, mentoring, dan final pitch pada Juni 2022.

Kali ini, acara puncak FSI akan berdampingan dengan Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) Global Conference 2022 yang berhasil digandeng Kemenparekraf untuk FSI 2022.

“Menjadi forum tahunan investasi sosial terbesar di Asia, AVPN sangat senang mendukung pelaksanaan FSI tahun ini. Kami berharap kerjasama ini membuka peluang lebih banyak investor dunia membangun kemitraan dengan  pelaku industri kuliner yang tergabung di FSI," kata Country Director of AVPN & Head of The Standing Commission Dini Indrawati.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com