Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Harga Gelato Relatif Lebih Mahal dari Es Krim?

Kompas.com - 22/02/2022, 10:32 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada perbedaan yang cukup mendominasi antara gelato dan beberapa sajian es krim pada umumnya, salah satunya harga. Gelato memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding es krim atau sorbet. 

Dilansir dari laman Foodly, rata-rata harga gelato lebih mahal dibandingkan es krim sekitar 30 hingga 50 persen.

Apabila berkunjung ke kedai gelato dan kedai es krim, kamu akan melihat banyak perbedaan. Tidak hanya dari rasa melainkan juga dari pelayanan dan alat yang digunakan untuk menyimpannya.

Berikut tiga alasan mengapa harga gelato relatif mahal dibanding es krim pada umumnya.

Baca juga:

1. Biaya impor yang tinggi

Dilansir dari laman The New York Times, Manajer toko gelato di Manhattan Stefano Ciravegna mengatakan bahan yang digunakan untuk membuat gelato diimpor dari petani kecil di seluruh dunia, dan harga pengiriman bahan mentah gelato dinilai sangat mahal.

Proses impor gelato membuat para penjual harus mengeluarkan biaya kirim yang lebih tinggi. Sehingga biaya tersebut akan berpengaruh kepada harga jual gelato yang relatif mahal.

Baca juga:

2. Menggunakan bahan berkualitas

Ilustrasi varian gelatoDok. Pexels/ JESHOOTS Ilustrasi varian gelato

Selain menggunakan susu dan krim, gelato juga menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti buah segar. Semakin tinggi kualitas bahan, maka akan semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan untuk membayarnya.

Penggunaan bahan berkualitas pada gelato dilakukan tidak hanya karena rasanya yang enak, tetapi bahan yang digunakan mengandung kadar lemak yang rendah, sedikit gula, dan rendah kalori.

Dilansir dari BBC, pengelola bisnis gelato Guido dan Federico mengatakan, pembuatan gelato harus menggunakan bahan baku terbaik, dan biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh bahan pun termasuk mahal.

Dilansir dari laman Healthline, Food and Drug Administration (FDA) menjelaskan bahwa gelato mengandung lemak yang jauh lebih rendah sekitar empat hingga sembilan persen. Beda halnya dengan es krim yang mengadung lemak sekitar 10 persen. 

Oleh karena itu, gelato kerap menjadi pilihan oleh orang-orang yang sedang diet dibanding es krim. 

Besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan baku berkualitas, menyebabkan harga jual gelato menjadi mahal.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com