Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akkar Juice Bar, Cafe Kekinian di Yogyakarta Sajikan Jus Sayur Segar

Kompas.com - 18/02/2022, 21:04 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak cafe kekinian di Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu Akkar Juice Bar

Berbeda dengan cafe pada umumnya yang menyajikan minuman seperti kopi, di sini kamu bisa menikmati aneka jus buah dan sayur segar dan menyehatkan. 

Baca juga:

Founder Akkar Juice Bar, Katarina Wilhelmina Sudjono atau akrab disapa Wina kepada Kompas.com membagikan ceritanya memulai usaha ini. Berikut penuturannya. 

Ilustrasi situasi di dalam salah satu cabang Akkar Juice Bar. INSTAGRAM/ Akkar Juice Bar Ilustrasi situasi di dalam salah satu cabang Akkar Juice Bar.

Kisah awal Akkar Juice Bar

Wina menjelaskan bahwa latar belakang Akkar Juice Bar sendiri sebetulnya bermula dari keresahan pribadi dan partnernya, Ivan Pratama mengenai lingkungan dan kesehatan. 

Menurutnya, di zaman serba cepat ini beberapa orang kurang mindfull terhadap apa yang dikonsumsi, khususnya buah dan sayur. Oleh karena itu, Wina tergerak untuk membuat Akkar Juice Bar ini.  

"Kalau kesehatan lebih ke kita melihat kalau zaman sekarang semua serba cepat, kita semudah itu untuk konsumsi apapun, apalagi dengan online. Cuma dengan hal itu pun orang-orang less aware, kurang mindfull sama apa yang dikonsumsi. Terutama juga konsumsi buah dan sayuran itu juga kurang, karena kita kan makin lama yang penting makan," ucapnya, Kamis (10/02/2022). 

Baca juga:

Sementara, dari segi lingkungan sendiri Wina ingin membuktikan bahwa dunia food and beverage pun bisa bertanggungjawab dengan limbah yang dihasilkan. 

"Kalau dari segi lingkungan kita pengin coba buktiin kalau F&B itu juga bisa lebih responsible sama waste yang kita hasilkan. Jadi kita berusaha," tambah Wina. 

Berlatarbelakang hal tersebut, Wina dan Ivan lantas membuat sebuah juice bar dengan mengangkat campaign 'Start Small'.

Maksud dari campaign tersebut yakni mengajak serta menunjukkan bahwa dua hal tersebut sebetulnya bisa diraih melalui usaha-usaha kecil.

"Kalau kita itu angkat campaignnya 'Start Small'. Jadi kayak dari dua hal itu kita berusaha untuk bisa mulai dari hal kecil, jadi Akkar ini tuh ada buat kita sama-sama start small," tutur Wina. 

Baca juga:

Lebih jauh, Wina menjelaskan bahwa Akkar Juice Bar mulai buka pada Februari 2020. Lalu, pada November 2021 mereka membuka cabang kolaborasi yang juga berlokasi di Yogyakarta.

"Iya, kami membuka Akkar baru saja Februari lalu, dan November tahun lalu kita membuka cabang berupa colaborating store bersama Dimsam," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com