Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Prol Tape? Oleh-oleh Khas Jember yang Padat Lembut

Kompas.com - 17/02/2022, 10:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Ada banyak kue dari berbagai daerah di Indonesia yang punya cita rasa unik.

Salah satunya, kue khas Jember, Jawa Timur yang satu ini. Kue ini bernama prol tape.

Di beberapa sudut kota Jember, terdapat toko oleh-oleh yang menawarkan berbagai loyang prol tape dengan aneka topping.

Mengenal lebih jauh seputar prol tape, prol tape itu apa? prol tape terbuat dari apa? dan bagaimana rasa prol tape? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

Apa itu prol tape?

Ilustrasi prol tape. Dok. Shutterstock/sri widyowati Ilustrasi prol tape.

Dihubungi oleh Kompas.com, salah satu pemilik usaha prol tape rumahan di Jakarta, Maria Yanti mengatakan kalau prol tape terbuat dari bahan dasar tape singkong.

“Seperti namanya, prol tape terbuat dari tape singkong yang dicampurkan dengan bahan kue lainnya seperti terigu, telur.” ujarnya kepada Kompas.com pada Minggu (13/02/2022).

Penggunaan dari tape singkong untuk membuat prol tape ini membuat aroma kue menjadi lebih khas. Selain itu, rasa prol tape juga asam manis yang berpadu dalam satu gigitan.

Prol tape punya tekstur yang padat tapi lembut. Jadi gimana ya, prol tape itu sebetulnya kue atau bolu bantat. Nah itu kan padat ya, karena tapi waktu dimakan lembut, ngeprul gitu.” jelasnya.

Baca juga:

Menurut Maria, cara makan prol tape yang ngeprol atau mudah rontok di mulut ini menjadi alasan kenapa dinamakan prol tape.

Cara membuat prol tape tidak rumit, hanya saja perlu perhatian khusus dalam memilih tape singkong.

“Kalau bikinnya itu enggak sama sekali sulit, menurut saya. Biasanya saya enggak pakai mikser dalam mencampurkan bahannya. Jadi, pakai whisk aja sampai semuanya tercampur.” tuturnya.

“Tapi ya itu, pilih tape singkongnya jangan sampai salah. Enggak boleh terlalu lembek tetapi juga enggak boleh terlalu kering banget. Kalau saya, biasanya pakai yang kuning.” imbuhnya.

Baca juga:

Ilustrasi prol tape panggang anti gagal.DOK.SAJIANSEDAP Ilustrasi prol tape panggang anti gagal.

Menambahkan dari artikel travel Kompas.com yang tayang pada Senin (16/04/2012), prol tape merupakan makanan yang menjadi ikon oleh-oleh kota Jember, Jawa Timur.

Baca juga: Kue Prol Tape, Oleh-oleh dari Kota Jember

Makanan ini memiliki rasa manis, kecut, gurih. Dalam proses membuatnya, tape singkong yang digunakan untuk membuat prol tape harus terjaga mutunya agar waktu dipanggang hasilnya tidak gagal.

Baca juga:

Di Jember, kamu bisa membeli prol tape di semua toko oleh-oleh yang ada di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Trunojoyo Jember.

Kalau kamu sedang berada di Jakarta, kamu bisa pesan prol tape dengan harga sekitar Rp 55.000 per loyang dengan berbagai topping. Ada kismis, eskade, keju, dan almond. Kamu bisa membeli prol tape melalui Instagram brownies_bundakoe.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com