Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Hilangkan Rasa Pahit pada Brokoli, agar Anak-anak Doyan

Kompas.com - 16/02/2022, 21:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu penyebab sebagian besar anak-anak bahkan orang dewasa tidak menyukai sayuran yaitu adanya rasa pahit. Ini pula yang terjadi pada brokoli. 

Dilansir dari laman SBS, brokoli mengandung senyawa glukosinolat yang menyebabkan timbulnya rasa pahit. Akan tetapi rasa pahit tersebut tidak dirasakan oleh semua orang.

Apabila kamu termasuk orang yang merasakan pahit dari brokoli, simak dua cara untuk mengurangi rasa pahit brokoli dilansir dari laman Live Strong

Baca juga:

1. Kukus dengan air garam

Ilustrasi mengukus brokoli untuk kurangi rasa pahitDok. Pexels/Castorly Stock Ilustrasi mengukus brokoli untuk kurangi rasa pahit

Memasak brokoli dengan cara dikukus dapat mengurangi rasa pahit tanpa harus kehilangan banyak nutrisinya.

Caranya, potong seikat brokoli menjadi potongan-potongan kecil, lalu bersihkan menggunakan air mengalir. 

Rebus tiga liter air asin di dalam panci, lalu masukkan brokoli ke dalam air rebusan. Rendam selama dua menit, lalu keluarkan brokoli dari air rendaman.

Setelah itu tambahkan sekitar 500 mililiter air bersih ke dalam panci, lalu kukus brokoli di atas air rebusan sampai empuk sekitar empat menit. Kemudian angkat dan taburi brokoli dengan garam secukupnya.

Baca juga:

2. Rendam dengan campuran jahe dan jeruk

Sayuran cruciferous seperti brokoli, bok choy, kubis, dan kale juga menjadi makanan penambah daya ingat yang baik.SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Sayuran cruciferous seperti brokoli, bok choy, kubis, dan kale juga menjadi makanan penambah daya ingat yang baik.

Meminimalisir rasa pahit pada brokoli dapat di atasi dengan mendistraksi rasa pahit dengan rasa yang lebih mendominasi, seperti campuran air jahe dan jeruk.

Caranya, campurkan jus jeruk, kulit jeruk, jahe, tamari (bisa pakai kecap asin), madu, dan minyak wijen di dalam wadah berukuran besar. 

Setelah brokoli dipotong dan dibersihkan, rendam brokoli ke dalam campuran air jahe.

Angkat dan sajikan brokoli di dalam piring. Cara ini biasanya dilakukan apabila ingin menyajikan brokoli dalam keadaan mentah. 

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com