Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Gunakan Gelatin untuk Bikin Mousse yang Padat Lembut

Kompas.com - 08/02/2022, 21:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Gelatin merupakan bahan makanan yang biasanya digunakan seperti meggunakan agar-agar.

Sama halnya dengan agar-agar, gelatin bisa membuat makanan menjadi kenyal.

Salah satu menu makanan yang menggunakan gelatin adalah mousse.

Kalau kamu ingin membuat chocolate mousse di rumah, kamu bisa mengikuti cara gunakan gelatin untuk bikin mousse yang padat lembut berikut ini.

Baca juga:

Ilustrasi chocolate mousse.DOK.PEXELS/ Ella Olsson Ilustrasi chocolate mousse.

Cara gunakan gelatin untuk mousse

Dilansir dari buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama memuat cara menggunakan gelatin untuk mousse.

Dalam buku tersebut menjelaskan kalau mousse berasal dari bahasa Perancis yang berarti busa. Oleh karena itu, mousse seharusnya memiliki tekstur yang lembut mengembang seperti busa.

Untuk mendapatkan tekstur mousse seperti busa tetapi tetap padat lembut sebaiknya menggunakan gelatin.

Baca juga:

Ditambahkan dari buku “Seri Pedoman Terampil Memasak - Sweet Dessert” (2013) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, gelatin berfungsi untuk mengendalkan mousse.

Kamu bisa menggunakan gelatin dalam bentuk bubuk atau lembaran tipis. Kedua jenis gelatin tersebut bisa ditemukan di toko kue atau pasar swalayan.

Kalau kamu menggunakan gelatin lembaran, sebaiknya rendam terlebih dahulu dalam air biasa hingga teksturnya lembek. Kemudian tim hingga mencair dan kental.

Selain itu, kalau kamu menggunakan gelatin bubuk, larutkan dengan air hangat. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, tim larutan gelatin hingga sedikit mencair.

Baca juga:

Buku “Sukses Membuat Aneka Kue” (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Buku “Seri Pedoman Terampil Memasak - Sweet Dessert” (2013) oleh Albertin Hoesni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com