Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Bolu Pisang Lembut dan Empuk, Pakai Spekuk Lebih Harum

Kompas.com - 06/02/2022, 21:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bolu pisang kukus atau panggang bisa kamu buat, kalau stok pisang di rumah lagi banyak. Ada resep bolu pisang lembut dan empuk yang mudah kamu ikuti.

Pada resep bolu pisang yang satu ini menggunakan bumbu spekuk yang membuatnya lebih harum. Selain itu, cara mematangkan adonan bolu pisang adalah dengan dipanggang dalam oven.

Baca juga:

Bolu pisang panggang ini menggunakan bahan sederhana yang mudah dibeli di minimarket. Selain itu, cara membuat bolu pisang panggang tidak kalah mudah.

Kamu hanya perlu mengikuti tiga cara membuat bolu kukus saja.

Selengkapnya, ikuti resep bolu pisang lembut dan empuk dari buku “Wonderful Cakes - 55 Cake Besar untuk Antaran dan Jualan” (2020) oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep bolu pisang lembut dan empuk

Bahan:

  • 150 gram margarin
  • 125 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 50 ml susu cair
  • 130 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt bumbu spekuk
  • 10 gram tepung maizena
  • 10 gram susu bubuk
  • ½ sdt baking powder
  • 250 gram pisang ambon, kupas, haluskan

Baca juga:

Cara membuat bolu pisang lembut dan empuk

  1. Siapkan wadah, kocok margarin bersama gula pasir. Kocok hingga adonan bolu pisang lembut. Masukkan telur satu per satu setelah itu kocok hingga adonan bolu pisang mengembang. Tambahkan susu sedikit demi sedikit hingga adonan rata
  2. Tambahkan terigu, maizena, susu bubuk, bumbu spekuk, dan baking powder. Aduk hingga semua bahan rata. Tambahkan pisang ked alma adonan, aduk perlahan hingga adonan bolu pisang rata.
  3. Tuang adonan bolu pisang ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin dan taburan tepung. Panggang adonan bolu pisang dengan suhu 170 derajat celsius selama 30 menit hingga kue matang. Bolu pisang panggang spekuk siap disajikan.

Buku “Wonderful Cakes - 55 Cake Besar untuk Antaran dan Jualan” (2020) oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com