Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Membuat Batagor agar Tidak Alot, Jangan Giling Daging Terlalu Halus

Kompas.com - 31/01/2022, 08:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dea, salah satu pesera Masterchef Indonesia Season 9 membuat hidangan batagor. 

Batagor merupakan salah satu jajanan yang kerap dijumpai sehari-hari. Pembuatannya dimasak dengan cara mencampur isian batagor berupa daging dengan tapung sagu.

Namun, salah satu juri Masterchef Indonesiag Season 9 Renatta Moeleok mengatakan batagor buatan Dea terlalu padat sehingga menjadi alot.

Supaya batagor yang dihasilkan tidak berujung alot, berikut tips membuat  batagor dari buku "Olahan Ikan Favorit Pempek, Siomay, & Batagor" oleh Rostiawati (2018) yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

1. Jangan giling daging terlalu halus

Daging untuk isi batagor bermacam-macam seperti ikan, ayam, cumi, dan udang. Sebelum mengolah bahan, pastikan daging yang digunakan masih dalam keadaan segar.

Tekstur daging yang dihaluskan untuk batagor sebaiknya tidak terlalu halus. Kamu bisa menggiling daging menggunakan food processor atau mesin penggiling daging.

Saat menggiling daging pastikan hasilnya tidak terlalu halus supaya cita rasa daging masih bisa dirasakan saat menikmati batagor.

Apabila ingin menggunakan  ikan, kamu bisa menghaluskan daging dengan cara memiriknya. Caranya, pirik daging ikan menggunakan mangkuk yang berlubang-lubang di bagian bawahnya.

Tekan  mangkuk berlubang di atas daging ikan hingga daging ikan keluar dari lubang mangkuk. Cara ini dapat menghasilkan daging ikan yang halus, sehingga akan menjadi kalis ketika diadoni.

Baca juga:

Ilustrasi batagor tanpa ikan.DOK.SHUTTERSTOCK/RIKI RISNANDAR PHOTOPRO Ilustrasi batagor tanpa ikan.

2. Perhatikan takaran tepung sagu

Bahan dasar membuat kulit batagor yakni tepung sagu atau tepung tapioka. Penambahan tepung pada isian batagor harus diperhatikan supaya batagor yang dihasilkan tidak terlalu alot atau bahkan terlalu lembek.

Sebelum menambahkan tepung sagu, isian batagor harus diuleni hingga kalis terlebih dahulu. Kamu bisa membanting-banting adonan supaya  batagor yang dihasilkan kenyal.

Setelah adonan kalis, tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan menggunakan sendok kayu. Jangan terlalu banyak menambahkan tepung sagu supaya batagor yang dihasilkan tidak alot. 

Kamu bisa menambahkan 125 gram tepung sagu untuk campuran 400 gram ikan filet (dihaluskan), 200 gram kulit ayam halus (cincang halus), dan 150 gram labu siam yang dihaluskan.

Buku "Olahan Ikan Favorit Pempek, Siomay, & Batagor" oleh Rostiawati (2018) yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com