Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Masak Sayur dari Jerry MasterChef Indonesia Season 7

Kompas.com - 26/01/2022, 19:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber KEMKES

KOMPAS.com - Salah satu  makanan bergizi yang penting dikonsumsi oleh setiap orang khususnya usia anak-anak adalah sayuran.

Melansir laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sayur memilik banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya memperlancar pencernaan, mencegah penyakit jantung, sumber energi tubuh, mencegah kelahiran bayi cacat, dan membersihkan racun dalam tubuh.

Sayur merupakan bahan makanan yang mudah diolah dan ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi saat memasak sayur kamu perlu mengetahui cara memasak sayur yang benar supaya kandungan nutrisi yang ada di dalam sayur tidak rusak.

Pada acara konferensi pers Royco dengan tema "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas" secara daring, Pemenang Masterchef Indonesia Season 7 Jerry Andrean memberikan tips memasak sayur supaya tidak terlalu layu:

Baca juga:

1. Perhatikan jenis sayur

Ilustrasi wortel kaya akan vitamin A sebagai nutrisi yang baik untuk kesehatan mata.UNSPLASH/LOUIS HANSEL Ilustrasi wortel kaya akan vitamin A sebagai nutrisi yang baik untuk kesehatan mata.

Ada banyak jenis sayur yang kerap kita jumpai di pasaran, seperti sayuran daun, batang,  bunga, buah, umbi, polong, jamur, dan lainnya.

Setiap jenis sayur memiliki karakteristik masing-masing, ada yang tipis dan mudah robek, ada juga yang memiliki struktur padat.

Oleh karena itu penting untuk mengetuhui jenis sayur yang akan diolah. Hal ini nantinya akan  mempengaruhi cara memasak dan lama proses memasaknya.

Baca juga:

2. Perhatikan waktu memasak.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga merupakan makanan penambah daya ingat dan dianggap sebagai makanan pokok dalam diet sehat untuk otak.freepik Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga merupakan makanan penambah daya ingat dan dianggap sebagai makanan pokok dalam diet sehat untuk otak.

Jerry mengatakaan supaya hasil masakan sayur tidak terlalu layu, sebaiknya kamu memperhatikan lama waktu memasak.

"Sayuran biasanya membutuhkan waktu yang tidak lama untuk memasaknya, cukup beberapa menit saja, terutama sauran daun hijau," katanya.

Sayuran yang masuk kategori daun hijau cenderung membutuhkan waktu lebih singkat dibanding jenis sayuran lain. Jenis sayuran daun hijau yang dimaksud seperti bayam.

Menurut Jerry, ada juga sayuran daun hijau yang membutuhkan waktu sedikir lebih lama memasaknya, karena ada sebagian sayur daun hijau yang memiliki tekstur batang lebih keras, contohnya batang kangkung.

Sementara untuk sayuran yang bertekstur keras membutuhkan waktu masak lebih lama, contohnya wortel dan brokoli.

Baca juga:

 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KEMKES
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com