Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Mudah Bersihkan Stroberi, Bisa Pakai Garam

Kompas.com - 21/01/2022, 19:29 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber Insider

KOMPAS.com - Warna cerah dari buah stroberi kerap terlihat segar dan menggiurkan, apalagi yang baru saja dipetik dari kebun.

Kamu harus perlu mencuci stroberi sebelum memakannya. Kulit stroberi yang terlihat cantik biasanya menyimpan kotoran dan sisa pestisida. 

Apabila kamu belum mengetahui cara membersihkan stroberi yang benar, ikuti cara dari  Insider berikut:

Baca juga:

1. Gunakan larutan cuka 

Larutan cuka dapat membantu membersihkan stroberi dari kotoran dan pestisida yang menempel di permukaan buah stroberi. Kamu bisa menggunakan cuka putih maupun cuka apel.

Ahli gizi diet terdaftar dan pemilik Beautiful Eats and Things Andrea Mathis mengatakan, membersihkan permukaan stroberi menggunakan larutan cuka hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit.

Caranya campur air dingin dan cuka dengan takaran empat banding satu ke dalam mangkuk berukuran sedang. Kemudian rendam stroberi di dalam campuran cuka.

Setelah direndam, bilas stroberi menggunakan air dingin dan tepuk lembut menggunakan kain atau tisu pada permukaan stroberi.

Kamu tidak perlu khawatir, penggunaan cuka pada air rendaman stroberi tidak akan membuat rasa stroberi menjadi asam. Hal ini karena rasio cuka dan air yang digunakan tergolong rendah.

Baca juga:

2. Gunakan larutan garam

ilustrasi garam. ketahui cara menggarami masakan yang tepat. FREEPIK/Racool_studio ilustrasi garam. ketahui cara menggarami masakan yang tepat.

Campuran garam dan air hangat adalah pilihan yang tepat apabila ingin membersihkan stroberi dari pestisida dan bakteri secara cepat. 

Larutan garam dapat membantu mengeluarkan larva lalat buah atau cacing puti yang bersembunyi di permukaan stroberi.

Caranya campur delapan cangkir air hangat dengan dua sendok makan garam ke dalam wadah, kemudian biarkan garam larut di dalam air hangat terlebih dahulu. 

Setelah larutaan dirasa sudah dingin, rendam stroberi dai dalam larutan garam selama kurang lebih lima menit. Lalu bilas menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan kain bersih ataupun tisu.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Insider
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com