Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tempat Makan Legendaris di Semarang, Cocok untuk Wisata Kuliner

Kompas.com - 14/01/2022, 13:08 WIB
Lea Lyliana

Penulis

 

KOMPAS.com - Semarang punya banyak spot kuliner yang menarik untuk dicoba. Khususnya kuliner legendarisnya yang terkenal.

Kuliner tersebut kerap menjadi buruan wisatawan yang datang ke Semarang.

Kalau kebetulan kamu sedang jalan-jalan di Semarang, berikut ini ada 15 tempat makan legendaris yang bisa masuk dalam lis jalan-jalanmu.

Baca juga:

Sajian yang dihidangkan beragam, mulai dari camilan hingga makanan berat pun ada.

1. Toko Oen

Toko Oen Semarang buka sejak 1936. Restoran yang ada di Jalan Pemuda Nomor 52 ini menyajikan menu-menu campuran Eropa, Jawa, dan Tionghoa.

Di sini kamu bisa menikmati berbagai hidangan seperti bistik lidah sapi, lumpia Semarang, dan aneka es krim.

Baca juga:

Sambil makan kamu pun akan disuguhkan interior ala kolonial Belanda yang bikin nostalgia. Harga hidangan di restoran ini bervariasi, mulai Rp 15.000 - Rp 300.000.

Jam operasionalnya setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB.

2. Sate dan Gule Kambing 29

Sate dan Gule Kambing 29 berlokasi di Jalan Letjen Suprapto Nomor 29, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Tepatnya di seberang Gereja Blenduk Kota Lama.

Tempat makan ini sudah ada sejak 1945. Menu yang dijual yaitu olahan daging daging seperti gulai dan sate buntel.

Baca juga:

Cita rasanya sate dan gulainya yang khas membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat ini. Harga satu porsi makanannya sekitar Rp 30.000.

Jam buka Sate dan Gule Kambing 29 buka setiap Senin-Sabtu pukul 08.00-21.00 WIB.

3. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok, lumpia tertua di kota Semarang.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Lumpia Gang Lombok, lumpia tertua di kota Semarang.

Lumpia Gang Lombok merupakan salah satu kuliner legendaris di Semarang yang terkenal. Tempat makan ini kerap dikunjungi oleh wisatawan yang jalan-jalan ke Semarang.

Lokasinya ada di Gang Lombok Nomor 11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Baca juga:

Lumpia Gang Lombok menyajikan lumpia khas Semarang yang berisi rebung. Penyajiannya biasanya ditambahkan dengan acar timun dan saus cocolan.

Saat memesan kamu bisa memilih lumpia basah atau lumpia kering yang lebih garing. Harga satu lumpia semarang ini Rp 15.000.

Jam operasional Lumpia Gang Lombok setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

4. Nasi Pindang & Soto Sapi Gajah Mada

Nasi Pindang dan Soto Sapi Gajah Mada sudah beroperasi sejak 1989. Sajian nasi pindang dan soto di tempat ini menggunakan daging sapi yang juicy dan berlemak.

Jika kamu belum tahu, nasi pindang adalah kuliner khas Kudus yang berisi nasi, daging, lalu dihidangkan dengan kuah keruh yang gurih dan berempah.

Mulanya, nasi ini dibuat memakai daging kerbau tapi seiring berjalannya waktu daging tersebut diganti dengan sapi.

Baca juga:

Lokasi Nasi Pindang dan Soto Sapi Gajah Mada ada di Jalan MH Thamrin Nomor 40, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Jam bukanya pukul 06.00-22.00 WIB.

5. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar berada di sekitar Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Tempat makan ini sudah buka sejak 1969.

Sajian yang dihidangkan yaitu gulai kambing yang dimasak dengan tungku kayu bakar. Untuk bumbunya memakai aneka rempah perpaduan Jawa dan Arab yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Baca juga:

Satu porsi gulai kambing tersebut dapat kamu nikmati dengan harga Rp 25.000. Jam buka warung ini setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com