Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2021, 19:08 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Roti merupakan kudapan yang disukai semua kalangan. Mengingat banyak orang menyukainya, kamu bisa membuat roti untuk ide jualan. 

Tak perlu khawatir, cara membuat roti tidak serumit kelihatannya. Berbekal latihan dan keteletan, kamu bisa membuat beragam roti untuk jualan murah-meriah. 

Sebagai inspirasi, berikut Kompas.com kumpulkan 15 resep roti sederhana yang bisa digunakan untuk jualan. Dari roti jadul hingga kekinian semuanya ada. 

Baca juga:

1. Roti sobek

Roti sobek punya tekstur yang lembut dan empuk. Roti ini biasanya berisi cokelat, selai, maupun potongan keju. 

Langkah membuat roti sobek memang cukup panjang, tapi sebetulnya cukup mudah. Kuncinya ada pada proses mengistirahatkan adonan.  

Adonan tersebut baiknya diistirahatkan tiga kali, yakni setelah adonan diuleni, ditimbang, dan dibentuk. Selama prosesnya tepat roti sobek akan lembut dan mengembang. 

Baca juga:

Ilustrasi roti sisir jadul. SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA H Ilustrasi roti sisir jadul.

2. Roti sisir

Roti sisir adalah roti jadul yang permukaannya diberi olesan mentega. Jika kamu sedang mencari resep roti murah-meriah untuk jualan, roti sisir bisa menjadi pilihan. 

Resep roti sisir sederhana saja. Bahan yang dibutuhkan adalah tepung terigu, telur, gula, dan mentega.

 

Jika ingin permukaannya mengilat, kamu dapat mengolesinya dengan susu evaporasi menjelang roti matang. 

Baca juga:

3. Roti bluder

Roti bluder dapat dikreasikan dengan beragam isian, seperti keju, green tea, maupun selai nanas. Jika kemampuan baking-mu cukup bagus, kamu dapat membuat roti bluder untuk jualan.

Bahan utama roti bluder adalah tepung terigu protein tinggi dan kuning telur. Selain itu ada pula tambahan bahan lain seperti susu, gula pasir, dan mentega. 

Baca juga:

Tak lupa ditambahkan pula ragi dan bread improver agar hasilnya lebih lembut dan berserat.

4. Roti kopi isi mentega

Cukup membuat membuat roti kopi isi mentega ala toko roti terkenal. Bahan yang dibutuhkan di antaranya adalah tepung terigu protein tinggi, telur, mentega, dan telur. 

Untuk topping-nya memakai kopi instan yang diolah bersama dengan mentega, putih telur, dan tepung terigu. 

Baca juga:

Ilustrasi roti kopi isi mentega dan secangkir kopi ala kopitiam. SHUTTERSTOCK/NOVI PURWONO Ilustrasi roti kopi isi mentega dan secangkir kopi ala kopitiam.

5. Korean garlic bread

Korean garlic bread sempat populer beberapa waktu lalu. Ada cara membuat garlic bread dengan mudah, bahkan bisa dipanggang tanpa menggunakan oven. 

Caranya yakni dengan memanggangnya tapi memakai panci yang diberi alas kertas roti. Untuk cream cheese-nya dapat diganti dengan cheese bachamel yang lebih murah.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com