Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Panaskan Air Fryer agar Masakan Renyah Merata

Kompas.com - 09/12/2021, 20:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber Insider

KOMPAS - Air fryer adalah alat masak kekinian yang memungkinkan penggunanya dapat menggoreng makanan dengan sedikit minyak. Sebab, air fryer menggunakan listrik sebagai sumber energi panas. 

Sama halnya dengan oven, sebelum memasukkan bahan makanan, air fryer sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil makanan yang lebih renyah

Akan tetapi, kebanyakan pengguna air fryer masih bingung mengenai bagaimana dan kapan air fryer dipanaskan. Hal ini karena tidak semua air fyer punya spesifikasi yang sama.

Laman Insider menjelaskan perihal apakah air fryer harus dipanaskan terlebih dahulu, dan bagaimana cara memanaskan air fryer agar mendapatkan makanan yang renyah merata.

Baca juga:

Sebelum memanaskan air fryer, pastikan semua bagian alat yang dapat dilepas, seperti keranjang sudah bersih dan kering sebelum dimasukkan ke dalam air fryer.

Panaskan mesin secara otomatis sesuai instruksi buku panduan. Namun jika tidak ada instruksi khusus, kamu dapat memanaskan air fryer secara manual.

Wakil presiden senior pengembangan produk di Shark Ninja, Purvin Shah merekomendasikan waktu pemanasan awal selama tiga menit, khusus untuk air fryer berukuran sedang pada umumnya.

Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar, dapat memanaskan air fryer di awal selama lima menit.

Setelah mesin dipanaskan di awal, masukan makanan yang akan dimasak. Kamu harus hati-hati saat menaruh bahan makanan, karena keadaan air fryer sudah panas. 

Masak makanan sesuai resep yang kamu ikuti. Menggoreng dengan cara memanaskan air fryer terlebih dahulu akan membuat masakanmu garing merata. 

Baca juga:

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Insider
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com