Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan dan di Mana Etika Makan atau Table Manner Harus Diterapkan?

Kompas.com - 08/12/2021, 09:08 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Table manner atau etika makan meliputi cara berpakaian, cara menyantap makanan, hingga cara berbicara saat makan.

Menurut Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso, table manner umumnya digunakan saat makan di restoran.

Sementara itu, International Director John Robert Powers Indayati Oetomo mengatakan pada Kompas.com, Rabu (1/12/2021) bahwa table manner biasanya diterapkan di acara formal.

Etika makan berbeda tiap restoran

Meski banyak restoran yang menerapkan etika makan ini, Stefu menuturkan, table manner di tiap restoran tidak selalu sama persis antara satu dan lainnya.

"Kalau di sekolah diajarkan kita makan dengan table manner tetapi dalam kenyataannya kan masing-masing restoran punya SOP (standar aturan) yang berbeda," ujar Stefu pada Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Salah satu perbedaan standar table manner yang disampaikan oleh Stefu adalah mengenai penggunaan alat makan.

Beberapa restoran sengaja mengatur peralatan makan individu lengkap di atas meja, sedangkan restoran lainnya mengumpulkan alat makan untuk digunakan bersama.

"Maksudnya kalau sudah sharing ya taruh saja piringnya di tengah, cuttleries-nya di tengah," jelas Stefu.

Baca juga:

Standar table manner tersebut tidak hanya berlaku untuk restoran mewah. Table manner bisa diterapkan di restoran jenis apa saja.

"Lebih ke sangat-sangat fleksibel sih sekarang menurut saya dan itu pun pelaksanaannya tidak hanya tertutup sama restoran yang kelasnya fine dining tetapi lebih ke siapa saja yang mau menerapkan prinsip table manner," kata Stefu.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

"Kalau restorannya meskipun dia sifatnya kafe tetapi kalau mau menerapkan itu ya tidak masalah juga," ujar Stefu.

Sebab menurut Stefu, saat ini table manner di Indonesia sudah lebih fleksibel dibandingkan dahulu.

"Kan ada yang kalau kafe itu kalau dia mau makan appetizer atau dessert, dia cuttleries-nya tetap sama, bisa juga. Kalau dia mau table manner-nya benar, ya per orang di-setting sesuai pesanan," sambungnya.

Meski terkesan luwes, table manner tetap memiliki beberapa aturan yang harus diterapkan selama kegiatan menyantap hidangan berlangsung.

"Pada saat makan itu kan kalau di table manner ada orang yang masih makan dengan cara berkecap-kecap gitu ya," tutur Stefu.

Aturan table manner di restoran harus tetap diterapkan demi menjaga suasana makanan yang teratur.

"Keteraturan kan supaya mencipatakan suasana makan itu menjadi lebih baik," tutup Stefu.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com