Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia Luncurkan Buku Pengetahuan Dasar Kuliner

Kompas.com - 25/11/2021, 14:04 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Association of Culinary Professionals (ACP) atau Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia meluncurkan buku pertama berjudul "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" pada Rabu (24/11/2021).

Buku dengan tebal 155 halaman tersebut secara khusus ditujukan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi di Indonesia.

"Saya banyak terlibat di SMK. Jadi saya berpikir, paling tidak ya, kan SMK ini belum punya buku literatur secara Indonesia, yang kadang-kadang untuk dipahami agak sulit dan tidak banyak juga pengetahuan tentang budaya kuliner itu sendiri," kata Chef Stefu Santoso selaku Advisor ACP dalam acara peluncuran buku "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" di bilangan Jakarta Selatan.

Buku "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" terdiri dari lima bab yang meliputi bahasan tentang perkembangan industri kuliner, kebersihan dan sanitasi, peralatan besar dan kecil, proses memasak kuliner Indonesia, serta metode memasak makanan.

"Jadi lebih hal yang sifatnya basic dan memang tidak ada resep. Makanya ini bukan buku resep, kita menyebutnya buku pengetahuan dasar kuliner," tutur Stefu.

Peluncuran buku yang secara umum bertujuan untuk memajukan kuliner Indonesia ini juga diharapkan dapat membimbing para generasi muda yang ikut andil di dunia memasak.

"Mudah-mudahan buku ini bisa membantu karena kan ini awal saja gitu ya. Saya pikir kalau saya sudah pensiun, siapa yang ganti saya? Pasti kan anak SMK tetapi kalau anak SMK knowledge-nya tidak cukup, nanti ke depannya gimana? Sebenarnya dasar pemikirannya sesimpel itu aja sih," jelasnya.

ACP menyiapkan 1.000 buku yang nantinya akan disebar ke seluruh SMK dan perguruan tinggi di Indonesia.

Saat ini, "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" telah diberikan langsung pada beberapa sekolah.

Beberapa di antaranya adalah SMKN 5 Ambon, SMKN 1 Papua, SMKN 30 Jakarta, SMKN 38 Jakarta, SMK Yaspia, SMKN 37 Jakarta, dan SMKN 24 Jakarta.

"Dengan adanya buku ini, kita berharap, ACP pun bisa terus membimbing, menjadi mitra anak-anak dengan adik-adik SMK dan guru-guru," kata President ACP, Chef Rafael.

Baca juga:

Penuh dukungan

Acara peluncuran buku Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1. Kompas.com/Krisda Tiofani Acara peluncuran buku Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1.

Stefu yang merupakan sosok di balik ide sekaligus konsep buku ini mengatakan, dirinya dan ACP sudah menyiapkan buku "Buku Pengetahuan Dasar Kuliner Seri 1" selama lima tahun.

"Sebenarnya masalahnya adalah waktu. Jadi di tengah kesibukan di ACP kan waktunya juga tidak gampang dan kembali ke pekerjaan masing-masing," ujar Stefu.

Waktu tersebut ia gunakan untuk berdiskusi langsung dengan penulis buku, Vasthi, serta mendengarkan saran dan masukan dari para rekannya.

Menurut Stefu, para rekannya yang juga berada di bidang yang sama, mendukung penuh isi buku kuliner untuk siswa SMK ini.

"Terus terang saya membawa buku ini ke beberapa orang, salah satunya adalah Chef Ronald. Chef Ronald itu kan dosen, jadi saya kasih ke dia dulu. 'Kamu bisa baca gak? Kalau sebagai murid kira-kira bisa paham gak?' Kalau tidak bisa paham, berarti gagal," kata Stefu.

Ia juga memberikan buku yang sama pada rekan lainnya yang bergelut di bidang bisnis kuliner, yakni Robert Manan, founder Indonesia Culinary.

"Jadi ceritanya ini Chef Stefu, teman dekat itu membawa buku sampel bahwa ini bukunya gimana, saya bilang ini keren banget bukunya," kata Robert yang juga hadir dalam acara tersebut.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com