Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pengganti Minyak Kelapa untuk Masak, Titik Asapnya Mirip

Kompas.com - 23/11/2021, 22:07 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak yang banyak digunakan untuk memasak. 

Penggunaan minyak kelapa cukup bervariasi, bisa untuk menggoreng maupun baking. Terkadang ada pula yang memakainya untuk pelengkap saus, dressing salad, maupun bumbu marinasi. 

Beberapa sumber menyebut bahwa hidangan yang dimasak dengan minyak kelapa aromanya lebih khas. 

Baca juga:

Jika tak ada minyak kelapa di rumah, kamu bisa menggantinya dengan beberapa bahan dan minyak sayur lainnya. Berikut beberapa lisnya. 

Untuk menjadikannya sebagai cara menghilangkan uban secara alami, cobalah mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Kemudian, bilas rambut seperti biasa di pagi hari.FREEPIK/JCOMP Untuk menjadikannya sebagai cara menghilangkan uban secara alami, cobalah mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala sebelum tidur. Kemudian, bilas rambut seperti biasa di pagi hari.

1. Minyak biji anggur

Melansir dari BHG.com, minyak biji anggur dapat digunakan sebagai pengganti minyak kelapa

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa, minyak biji anggur justru ringan dan mudha larut. Selain itu, titik asapnya juga tinggi sekitar 216 derajat celcius. 

Baca juga:

Oleh sebab itu, kamu bisa memakai minyak biji anggur untuk menumis masakan dengan suhu tinggi.

2. Minyak alpukat

Minyak kelapa bisa dipakai untuk memanggang masakan dan baking. Jika tidak ada minyak kelapa, kamu bisa mengantinya dengan minyak alpukat. 

Tak perlu khawatir, minyak alpukat tidak akan mengubah rasa dan aroma masakan, karena netral. Titik minyak alpukat juga cukup tinggi sekitar 271 celcius. 

Oleh karenanya, kamu pun bisa memakainya sebagai pengganti minyak kelapa untuk menumis masakan. 

Minyak alpukatshutterstock Minyak alpukat

3. Minyak biji matahari 

Minyak biji matahari dapat digunakan sebagai pengganti minyak kelapa untuk menggoreng dan menumis, seperti dilansir dari Organics Fact. Pasalnya, minyak ini memiliki titik yang tinggi, sekitar 231 derajat celcius. 

Baca juga:

4. Butter

Butter merupakan bahan pengganti minyak kelapa untuk memanggang atau menumis. Namun penggunaan apinya harus disesuaikan karena butter mudah gosong. 

Kendati demikian, takaran penggunaan butter dan minyak kelapa bisa sama, tetapi tetap tergantung dengan resep yang dibuat. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com