Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Pengganti Ghee untuk Masak, Bisa Pakai Minyak Kelapa

Kompas.com - 11/11/2021, 10:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Ghee merupakan salah satu bahan yang umum digunakan untuk memasak. Penggunaan ghee sebetulnya mirip dengan butter. Namun karena telah melalui proses penjernihan titik asap ghee menjadi lebih tinggi. 

Oleh sebab itu ghee aman digunakan untuk menumis dan menggoreng dalam suhu tinggi.

Sayangnya harga ghee cukup mahal. Kendati demikian kamu tak perlu khawatir karena ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti ghee.

Baca juga:

Melansir dari Ehow dan Organic Fact, berikut bahan pengganti ghee yang lebih murah dan mudah ditemukan.

1. Minyak zaitun murni atau extra virgin olive oil

Minyak zaitun murni dapat menjadi pilihan sehat untuk menggantikan ghee. Penggunaannya bisa untuk hidangan yang ditumis atau dipanggang.

 

Minyak zaitun extra-virgin adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat tinggi dan menjadi bagian dari diet Mediterania, diet yang dianggap sebagai salah satu pola diet paling sehat.SHUTTERSTOCK Minyak zaitun extra-virgin adalah salah satu makanan yang mengandung lemak sehat tinggi dan menjadi bagian dari diet Mediterania, diet yang dianggap sebagai salah satu pola diet paling sehat.

 

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat menjadi bahan pengganti ghee dalam hidangan yang dipanggang. Penambahan minyak kelapa dapat membuat aroma masakan lebih harum, mirip seperti ghee.

Baca juga: Mengenal Minyak Kelapa Khas Bali Bernama Lengis Tandusan, Dipakai untuk Masakan

3. Minyak kanola 

Minyak kanola memiliki titik asap yang tinggi, sekitar 204 derajat celcius. Oleh sebab itu, minyak kanola bisa digunakan sebagai pengganti ghee. 

Kamu dapat memakainya untuk menumis, menggoreng, memanggang, ataupun baking. Untuk mendapatkan rasa terbaik, baiknya gunakan dengan takaran yang sama.

Baca juga:

4. Mentega tawar 

Apabila sedang mencari pengganti ghee untuk olesan roti, maka kamu bisa menggunakan mentega tawar. Rasio penggunaannya yakni 1:1 agar rasanya mirip. 

Kenali perbedaan antara mentega dan margarinPixabay/Rodeopix Kenali perbedaan antara mentega dan margarin

5. Minyak biji kedelai 

Minyak biji kedelai cocok digunakan sebagai pengganti ghee karena titik asapnya tinggi. Kamu dapat memakainya untuk menumis atau memanggang hidangan. 

Takaran penggunaannya sama seperti minyak sayur lainnya, yaitu 1:1.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com