Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Tempura dan Bedanya dengan Gorengan Khas Indonesia?

Kompas.com - 01/11/2021, 08:05 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempura adalah sajian khas Jepang yang dimasak menggunakan teknik goreng dengan minyak panas.

Tempura biasanya disajikan sebagai camilan renyah dan makanan pendamping menu utama, seperti ramen, udon, dan sushi.

Melansir All Recipes, ada beberapa jenis tempura, yaitu shrimp tempura, tempura sushi, vegetable tempura, dan chicken tempura.

Meski menggunakan bahan berbeda, aneka tempura itu dibuat dari satu adonan tepung yang sama.

Tepung tempura umum dibuat dari tiga bahan sederhana, yaitu tepung, telur, dan air es. Salah satu jenis tepung yang bisa digunakan untuk membuat tempura adalah tepung serbaguna.

Namun, ketiga bahan tersebut tidak bisa hanya dicampur begitu saja dan dijadikan tepung tempura karena bisa mengubah rasa dan tekstur tempura yang seharusnya.

Baca juga:

Ketika berada dalam perut kita, efek gorengan sama seperti daging olahan, yakni butuh waktu lebih lama untuk dicerna karena kandungan lemaknya yang tinggi. Hal itu membuat gorengan juga termasuk ke dalam daftar makanan penyebab perut buncit.Dok. Shutterstock/Nur El Imany Ketika berada dalam perut kita, efek gorengan sama seperti daging olahan, yakni butuh waktu lebih lama untuk dicerna karena kandungan lemaknya yang tinggi. Hal itu membuat gorengan juga termasuk ke dalam daftar makanan penyebab perut buncit.

Tempura tidak sama dengan gorengan biasa

Koordinator Chef Kurabu Ramen, Hery Zaldenri mengatakan, tempura asli Jepang biasanya dibuat dari tepung khusus, bukan tepung biasa yang biasa digunakan untuk membuat gorengan ala Indonesia.

"Jadi tepungnya itu sudah beda rasanya dari tepung biasa," tutur Hery saat ditemui Kompas.com di Kurabu Ramen, Rabu (27/10/2021).

Oleh sebab itu, Hery mengatakan bahwa tempura tidak sama dengan gorengan khas Indonesia yang biasa dibuat dan dijajakan di banyak tempat.

Pasalnya, gorengan ala Indonesia bisa dibuat dari aneka tepung, termasuk tepung serbaguna, sementara tempura harus dibuat dari tepung khusus.

Selain itu, tempura juga umum dibuat dari bahan cair berupa air es yang dapat membuat adonan tidak terlalu padat dan mencegah banyak minyak terserap. Hal ini berbeda dari kebanyakan gorengan ala Indonesia yang dibuat bisa dari air suam-suam kuku.

Ada perbedaan lain antara tempura dan gorengan biasa, yaitu teknik memasak yang digunakan kedua sajian tersebut.

Gorengan khas Indonesia umum dibuat dengan teknik goreng rumahan, sedangkan tempura harus dibuat dengan teknik khusus.

"Teknik masaknya agak beda sih, kalau gorengan begitu-begitu doang. Kalau tempura ya sebenarnya ada teknik masaknya juga, bukan cuma pakai tepung, terus digoreng," ujar Hery.

Menurut Hery, tempura harus selalu disajikan dengan bentuk sempurna. Salah satu contohnya adalah udang tempura.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com