Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2021, 22:02 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Tape ketan merupakan salah satu makanan fermentasi favorit masyarakat Indonesia. Sebab, jajan ini bisa dinikmati langsung atau diolah menjadi beragam hidangan. 

Jika kamu penyuka tape ketan, tak ada salahnya bila membeli untuk disimpan di kulkas. Tak perlu khawatir, tape ketan bisa bertahan cukup lama selama disimpan dengan benar.

Kurniawan Indonesianto, pemilik usaha Tape Ketan Budhe Wati membagikan cara menyimpan tape ketan agar awet. Berikut penjelasannya. 

Baca juga:

1. Simpan di kulkas

Ilustrasi tape ketan dalam wadah plastik. SHUTTERSTOCK/ Rahmah Hastuti Ilustrasi tape ketan dalam wadah plastik.

Tape ketan yang sudah jadi bisa disimpan dalam wadah tertutup lalu letakkan di kulkas. Cara ini dapat membuat tape ketan bertahan sekitar enam hari. 

"Kalau sudah matang langsung masuk kulkas saja. Jadi, waktu kita masak sampai jadi itu kan tiga hari, nah itu masih ada tiga hari, ya bisa lima sampai enam harilah," ujar Kurniawan. 

2. Letakkan di freezer

Menurut Kurniawan, tape ketan juga bisa disimpan di dalam freezer. Hal ini tidak akan membuatnya membeku karena kandungan alkoholnya. 

Baca juga:

 

Tape ketan yang disimpan di freezer umumnya dapat bertahan hingga dua bulan. Dalam waktu tersebut, rasa tape ketan tidak akan jauh berubah. 

"Kalau yang biasa bikin di pinggir rumah itu, dia punya tape umur dua bulan itu rasanya masih enak. Jadi prosesnya itu masukkan ke freezer, dia enggak akan jadi es batu soalnya ada kandungan alkoholnya itu, rasanya jadi seperti pas baru matang. Ya berubah sih sedikit tapi tahan dua bulan itu," jelas Kurniawan. 

Ilustrasi tape ketan hijau dalam cup. SHUTTERSTOCK/ setyo mulyono Ilustrasi tape ketan hijau dalam cup.

Prinsip dari penyimpanan tape ketan ini yakni memastikan kebersihan wadahnya dan tempat mengambilnya.

Selain itu, pastikan pula wadahnya selalu ditutup rapat kembali setelah mengambil. Dengan demikian tape ketan akan tahan lama. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com