Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancemon, Camilan Tradisional Bogor yang Mulai Terlupakan 

Kompas.com - 30/10/2021, 14:32 WIB
Silvita Agmasari

Editor

 

KOMPAS.com - Bogor, Jawa Barat, terkenal dengan aneka makanan dan camilan tradisional khas yang unik. Kamu bisa menikmati cungkring, toge goreng, es pala, atau ancemon di Bogor. 

Namun, khusus ancemon, kudapan satu ini semakin sulit ditemui. Salah satu kedai makanan yang masih menjual ancemon adalah Saung Jurasep di Jalan Villa Ciomas Nomor 5, Ciomas, Kabupaten bogor.

Pemilik Saung Jurasep, Asep, menjelaskan bahwa ancemon adalah kudapan dari parutan singkong yang umumnya dihidangkan dengan taburan kelapa dan gula merah. 

"Di Saung Jurasep ada ancemon original, ancemon keju, ancemon almond, dan ancemon cokelat keju kelapa," kata Asep kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (30/10/2021).

Baca juga:

Selain ancemon, Asep mengatakan Saung Jurasep juga menyajikan makanan dan minuman tradisional untuk menemani pengunjung nongkrong. 

Misalnya papais (mirip nagasari), katimus, wedang jahe, susu telur madu lemon, kunyit sereh asam, dan teh daun kelor sereh yang diklaim dapat untuk menambah stamina. 

"Menu andalan lainnya yaitu kopi liong biji, yang merupakan kopi asli dari Bogor," pungkasnya.

Asep mengatakan aneka menu tradisional tersebut memang sengaja dibuat untuk menyesuaikan konsep Saung Jurasep. 

Saung Jurasep mengusung konsep perpaduan zaman dahulu dan sekarang, bertujuan untuk menyatukan pengunjung lintas generasi. 

Harga seporsi ancemon original dijual Rp 12.000, ancemon keju Rp 20.000, ancemon almond Rp 25.000, dan ancemon coklat keju kelapa Rp 25.000. Saung Jurasep sendiri buka dari jam 9.00 hingga 22.00 WIB. 

Baca juga:

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Mencicipi Ancemon di Saung Jurasep, Kuliner Tradisional Khas Bogor yang Hampir Terlupakan,

https://bogor.tribunnews.com/2021/10/30/mencicipi-ancemon-di-saung-jurasep-kuliner-tradisional-khas-bogor-yang-hampir-terlupakan.

Penulis: Reynaldi Andrian Pamungkas | Editor: Tsaniyah Faidah

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com