Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bosch Virtual Chef, dari Kontes Masak Berhasil Bantu UMKM Kuliner

Kompas.com - 26/10/2021, 14:42 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Bosch, penyedia layanan teknologi global dan AIoT menggelar inisiatif “Bosch Virtual Chef” pada 1 September-9 Oktober 2021 untuk mendukung pemulihan UMKM sektor kuliner di Indonesia,

Bosch bermitra dengan Chef Degan Septoadji, The Gourmet, dan Krealogi, untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM kuliner dalam melanjutkan dan mengembangkan bisnis pascapandemi, salah satunya melalui optimalisasi teknologi. 

Manager, Corporate Communications & Brand Management Bosch di Indonesia, Shinta Maryke mengatakan, Bosh sebelumnya melakukan survei terhadap sekitar 200 UMKM kuliner Indonesia. 

Baca juga:

Pelaku UMKM kuliner ini mengaku membutuhkan tiga bentuk dukungan yaitu peningkatan keterampilan memasak, peningkatan eksistensi usaha secara daring, dan peningkatan kemampuan strategi operasi bisnis. 

"Bosch mengambil peran sebagai partner pengaktif yang memfasilitasi para pelaku usaha dengan keterampilan lebih lanjut. Bukan hanya kepiawaian memasak, tetapi juga manajemen bisnis," jelas Shinta sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (25/10/2021)

"Dari sisi teknologi, kami juga menyediakan peralatan dapur Bosch yang modern untuk membantu pelaku UMKM kuliner mengoptimalkan kualitas produksi makanan komoditas mereka,” lanjut Shinta Maryke. 

Selama menjalani Bosch Virtual Chef, lima pelaku UMKM kuliner (terpilih dari puluhan pendaftar) mendapatkan serangkaian program pelatihan. 

Pelatihan meliputi expert class bersama Chef Degan Septoadji, pelatihan manajemen bisnis dan strategi pemasaran digital bersama Krealogi, juga produk kitchen appliances dari Bosch.

Bosch Virtual Chef. Dok. Bosch Bosch Virtual Chef.

Chef Degan Septoadji mengatakan ia sering kali menemui pelaku usaha kuliner di Indonesia yang sulit menjaga konsistensi rasa dan tekstyr makanan. 

"Tak kalah penting adalah pengemasan makanan: amankah saat diantarkan kurir, dan mudah/tidaknya ketika dikonsumsi pelanggan." jelasnya. 

Apalagi saat ini menurut Chef Degan bisnis makanan banyak beralih ke layanan daring karena pandemi. 

"Krealogi memberikan pelatihan manajemen bisnis kepada mereka yang mencakup: penetapan harga, perencanaan produksi, pengaturan keuangan dan modal, pembuatan business model canvas sampai pengelolaan rantai pasok," kata Project Manager Krealogi sekaligue mentor ajli dan juri Bosch Virtual Chef, Davit Manalu.

Baca juga:

"Kami juga mendorong para pelaku usaha untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi agar setiap tahapan aktivitas bisnis bisa dijalankan secara lebih efektif dan efisien,” imbuh Davit Manalu.  

Sesi puncak Bosch Virtual Chef berupa adu keahlian memasak antar kelima finalis telah berlangsung pada 9 Oktober 2021 yang ditayangkan langsung melalui media sosial Bosch. 

Langen Driyo, pemilik usaha Iga Bakar Warungan, ternilai sebagai pemenang oleh dewan juri, sekaligus menjadi peserta terfavorit pilihan peserta. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com