Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakura Anpan, Toko Bakery Legendaris di Jakarta Sejak 1978

Kompas.com - 24/10/2021, 14:03 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi kamu pencinta roti dan kue di Jakarta, mungkin tidak asing lagi dengan toko bakery legendaris bernama Sakura Anpan Cake Shop ini.

Sakura Anpan Cake Shop merupakan salah satu toko bakery tertua di Jakarta yang sudah buka sejak 1978 dan bertahan hingga generasi kedua, yaitu Mario.

Mario menuturkan, nama Sakura Anpan berasal dari saran salah satu baker asal Jepang yang sempat bekerja di toko bakery miliknya.

"Si (orang) Jepang ini bilang mending pakai anpan saja, sakura kan bunga artinya," kata Mario saat ditemui di Sakura Anpan Cake Shop, Sabtu (23/10/2021).

Sebelum mempekerjakan baker asal Jepang di toko miliknya yang sekaligus berperan memberi nama tersebut, Mario mengatakan, mulanya sajian Sakura Anpan Cake Shop dibuat oleh tiga orang baker asal Singapura.

Aneka roti dan kue Sakura Anpan, toko bakery legendaris di Jakarta. Kompas.com/Krisda Tiofani Aneka roti dan kue Sakura Anpan, toko bakery legendaris di Jakarta.

"Kita pakai baker nomor satu di Asia, nomor tiga di dunia. Sejak (mereka) masuk, kita masuk ke Koran Kompas dan Suara Pembaharuan waktu jaman dulu dan itu meledak pas 19800-an," ujar Mario.

Padahal, menurut Mario, saat itu Sakura Anpan Cake Shop sedang mengalami kesulitan hingga hampir collapse karena peristiwa kerusuhan 1998.

"Pas saya dapatkan orang Singapura itu, saya suruh kerja di sini, nah itu langsung bagus, semua perkantoran kalau rapat, beli roti kita," pungkasnya.

Saat ini, Sakura Anpan Cake Shop sudah mempekerjakan baker lokal untuk memproduksi beragam roti dan kue yang dijual.

Beberapa produk Sakura Anpan Cake Shop yang bisa kamu beli adalah Roti Cokelat, Apple Pai Potong, Soes Koktail, Roti Mocca, Cheese Cake, Roti Daging Bakso, dan Roti Kacang Merah.

Satu produk dari Sakura Anpan Cake Shop dijual mulai dari Rp 8.000-Rp 11.000.

Selain itu, kamu juga bisa memesan snack box dengan minimum order 50 kotak dan isi tiga buah produk.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com