Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Restoran Food Chain Membuat Makanan Cepat Saji Berkualitas

Kompas.com - 18/10/2021, 19:06 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Restoran fast food chain dikenal sebagai tempat makan yang menyediakan hidangan dalam waktu cepat.

Restoran fast food chain umumnya hanya membutuhkan waktu hitungan menit untuk bisa menyajikan makanan pesananan pelanggan.

Menurut Corporate Executive Chef Dailybox, Arcad Fadillah, restoran fast food chain seperti Dailybox, sebenarnya membutuhkan proses panjang sebelum menyajikan makanan dalam waktu singkat.

Arcad mengatakan, ada beberapa proses menyiapkan makanan cepat saji di restoran fast food chain Dailybox, seperti berikut ini.

Baca juga: Semur Jengkol Ningrat, Menu Rice Box Terbaru Dailybox

1. Mengumpulkan ide menu

Sebelum menawarkan beragam makanan siap santap dan siap masak, Arcad menuturkan, membutuhkan waktu beberapa hari untuk mendapatkan ide makanan baru.

"Pertama kita brainstorming dulu, jadi nanti kita adu dulu idenya apa yang mau kita bikin, apa yang bakalan kita naikkin, biasanya kita butuh 2-3 hari untuk kita evaluasi menu," kata Arcad.

Baca juga: Mencoba Semur Jengkol Ningrat, Menu Terbaru Dailybox

2. Membuat menu

Ide menu makanan yang sudah dievaluasi kemudian akan langsung dicoba di dapur Research and Development (RnD) oleh tim masak Dailybox.

"Setelah bikin makananya, akan kita coba lagi. Makanan itu dibikin, kita taruh dalam tiga boks berbeda, ada yang kita taruh di kulkas, kita taruh di luar, kita bawa jalan," jelas Arcard.

Makanan yang disimpan di berbagai tempat tersebut akan dibiarkan selama empat jam ke depan untuk mengetahui apakah rasa dan bentuknya akan berubah banyak atau tidak.

Baca juga: Apa Penyebab Makanan Cepat Basi? Begini Cara Simpan yang Baik

Semur Jengkol Ningrat, menu rice box terbaru Dailybox. DOK. Dailybox Semur Jengkol Ningrat, menu rice box terbaru Dailybox.

3. Memperbanyak menu

Selanjutnya, menu fast food chain Dailybox yang sudah dibuat tim dapuir RnD akan dimasak dalam jumlah banyak oleh tim dapur pusat atau central kitchen.

"Jadi setelah dari RnD tim, makanan ini kita kirim ke tim central kitchen. Tim central kitchen akan mengalikan, dari yang tadinya bikin makanan itu cuma satu atau dua boks, kita kaliin sampai 1000 boks," papar Arcad.

Tim central kitchen akan mengetahui seberapa banyak tambahan bumbu yang akan diberikan untuk membuat jumlah menu banyak.

Baca juga: Resep Ikan Tim Nila yang Tidak Amis, Makan Siang Cepat Saji

4. Menyimpan menu

Menu fast food chain Dailybox kemudian akan dikirim kembali ke tim dapur RnD dan dimasukkan ke dalam freezer selama tiga hingga empat hari.

Setelah itu, makanan akan dikeluarkan untuk mengetahui kualitasnya.

Baca juga: Resep Sop Udang Jagung, Sayur Kuah Bening Cepat Saji untuk Menu Sahur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com