Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan dengan Usaha Beras Kencur Kemasan Tanpa Pengawet di Tangerang

Kompas.com - 17/10/2021, 18:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Beras kencur merupakan minuman tradisional yang disukai banyak orang. Jamu yang satu ini terkenal memiliki banyak khasiat. Salah satunya bisa meningkatkan nafsu makan.

Mengulik lebih jauh seputar beras kencur, di Tangerang ada usaha beras kencur rumahan yang bisa kamu pesan untuk dicicipi. Namanya, Jampi Jamu Beras Kencur.

Melalui wawancara via sambungan telepon, Ayu Lestari, pemilik usaha Jampi Jamu Beras Kencur membagikan kisah awal membuka usaha minuman tradisional yang satu ini.

Baca juga:

Ide awal membuka usaha beras kencur

Ilustrasi parcel beras kencur di Jampi Jamu Beras Kencur.DOK.INSTAGRAM/JAMPI JAMU Ilustrasi parcel beras kencur di Jampi Jamu Beras Kencur.

Ayu sudah membuka usaha beras kencur sejak tahun 2017. Berawal kebiasaan minum jamu sejak kecil kemudian lama tidak menikmatinya.

Suatu ketika timbul rasa kangen mengonsumsi beras kencur saat sebuah gathering yang dihadirinya dan sang suami menyuguhkan jamu tersebut.

“Trus pas hamil anak kedua, suami suka bikin beras kencur. Saking seringnya bikin, sampai kalau ada tamu yang datang. Jamu ini jadi suguhan tamu.” cerita Ayu kepada Kompas.com pada Rabu (13/10/2021).

Pemilik usaha Jampi Jamu Beras Kencur sedang memotong kencur sebagai bahan utama membuat beras kencur.DOK.INSTAGRAM/JAMPIJAMU Pemilik usaha Jampi Jamu Beras Kencur sedang memotong kencur sebagai bahan utama membuat beras kencur.

Hingga suatu ketika, Ayu memiliki ide untuk menawarkan beras kencur buatannya kepada teman kantor. Ia mendapatkan feedback baik dari temannya, dari situlah awal munculnya tekad untuk lebih serius menjalankan usaha beras kencur.

“Kalau kata temen-temenku, beras kencur ini terasa very light. Jadi kayak nggak minum jamu gitu. Trus ada tetangga yang lagi batuk gitu minum beras kencur kan, dia merasa enakan. Padahal dia gak suka jamu, tapi bisa minum beras kencur ini.” tutur Ayu.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com