Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Donat Sayur dan Buah, Apa Sama dengan Donat Biasa?

Kompas.com - 24/09/2021, 10:06 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Di Yogyakarta ada satu toko daring yang menjual donat sayur dan buah. Toko tersebut bernama Yonana.

Varian donat dari Yonana berbeda dengan toko kebanyakan. Salah satu varian unik dari mereka adalah donat dengan rasa pisang bawang.

Anggi Ismawati, pemilik donat Yonana mengatakan bahwa kesukaannya berkreasi dengan warna alami adalah alasan mengapa ia membuat donat ini.

“Yonana itu kayak dapur buat aku eksperimen gitu. Maksudnya di situ bisa apa saja masuk, tapi garis merahnya pokoknya aku suka yang alami gitu. Terus aku suka mainan warna,” jelas Anggi saat ditemui Kompas.com (21/09/2021).

Baca juga:

 

Adonan donat sayur dan buah

Ilustrasi donat sayur dan buah dari Yonana. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi donat sayur dan buah dari Yonana.

Kepada Kompas.com, Anggi menjelaskan bahwa pada dasarnya pembuatan donat sayur dan buah ini sama seperti donat pada umumnya.

"Pembuatannya itu sama kayak donat lainnya. Adonannya juga di-proofing dulu," jelas Anggi.

Adonan dasar yang digunakan terbuat dari kentang. Lalu, adonan tersebut ditambahkan dengan bahan-bahan lain agar lebih menarik.

“Adonan utamanya itu yang kentang itu. Terus nanti yang tinggal dicampur gitu, waktu adonan base-nya sudah jadi," ungkapnya 

Penambahan bahan alami tak hanya pada adonannya, tapi digunakan pula untuk glaze dan garnish. Meski begitu tak semua adonan diberi tambahan bunga atau pewarna alami.

Beberapa varian donat seperti pisang bawang juga menggunakan adonan dasar donat kentang. Hanya saja topping atau glaze-nya memakai olahan pisang dan bawang.

Baca juga:

Donat Yonana juga tidak memakai gula tambahan. Kecuali untuk varian donat yang menggunakan susu untuk topping-nya.

Ilustrasi donat pisang bawang, vanila kayu manis, dan bawang seledri dari Yonana. KOMPAS.com/ Lea Lyliana Ilustrasi donat pisang bawang, vanila kayu manis, dan bawang seledri dari Yonana.

Proses memasak donat

Anggi menjelaskan bahwa donat dari Yonana dimasak dengan cara digoreng. Sebelumnya, Anggi pernah mencoba untuk memanggang donat buatnya.

Sayangnya hal tersebut membuat tekstur donatnya kurang lembut dan lebih mirip roti.

"Ini kalau donatnya digoreng. Dulu pernah coba dioven tapi beda teksturnya, bukan donat jadinya. Lebih mirip roti," kata Anggi. 

Oleh karenanya, Anggi memutuskan untuk menggoreng donatnya saja.

Baca juga: Cara Goreng Donat agar Tidak Gosong dan Tidak Berminyak

Berbeda dengan donat di pasaran, donat dari Yonana digoreng menggunakan minyak kelapa. Hal tersebut membuat aromanya lebih wangi dan sedap.

"Tapi ini aku pakainya minyak kelapa, jadi lebih wangi," pungkasnya. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com